Pakhruddin, Pakhruddin and Dr. Munajat, Munajat, M.Si. and Dr, Rini, Efrianti, S.E., M.Si. (2022) STRATEGI PENGEMBANGAN KOMODITI BAWANG MERAH DI KABUPATEN OGAN KOMERING ULU. Masters thesis, Universitas Baturaja.
2091026_Pakhruddin_Cover.pdf
Download (123kB)
2091026_Pakhruddin_Summary.pdf
Download (519kB)
2091026_Pakhruddin_BAB I.pdf
Download (613kB)
2091026_Pakhruddin_BAB II.pdf
Download (874kB)
2091026_Pakhruddin_BAB III.pdf
Download (751kB)
2091026_Pakhruddin_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (721kB)
2091026_Pakhruddin_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (502kB)
2091026_Pakhruddin_Daftar Pustaka.pdf
Download (267kB)
Abstract
Bawang merah merupakan salah satu komoditi sayuran unggulan yang sejak lama telah dibudidayakan oleh petani Indonesia, bawang merah juga termasuk komoditas utama dalam prioritas pengembangan sayuran dataran rendah di Indonesia. Pelaksanaan penelitian di laksanakan pada bulan Desember 2021. Tujuan idari ipenelitian iini iadalah untuk imenganalisis iapakah ibawang imerah imerupakan ikomoditi iunggulan idi iKabupaten iOKU, untuk imengidentifikasi ifaktor iinternal (kekuatan idan ikelemahan) iserta ifaktor ieksternali(peluang idan
iancaman) iyang idihadapi idalam ipengembangan ikomoditi ibawang imerah idi iKabupaten iOKU, untuk imemformulasikan istrategi iyang idapat idilakukan idalam ipengembangan iagribisnis ibawang imerah idi iKabupaten iOKU.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian denganmetode survei, dengan metode penarikan contoh ipurposive isampling, pengolahan data dengan menggunakan analisis LQ dan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komoditi bawang merah sub di Kabupaten OKU dengan analisis LQ memiliki indeks nilai sebesar 0,42 = LQ < 1 yang berarti komoditi bawang merah non basis artinya tanaman bawang merah merupakan sektor yang produksinya belum dapat memenuhi kebutuhan daerah Kabupaten OKU, disebabkan oleh kurangnya peranan sektor tersebut dalam perekonomian daerah karena tidak mempunyai keunggulan komperatif. Dari hasil penelitian di dapat bahwa strategi pengembangan yang lakukan untuk mengembangkan komoditi bawang merah di Kabupaten OKU adalah Strategi SO (Pemerintah, PPL,Gapoktan menjadi fasilitator dalam pengembangan usahatani bawang merah, Strategi WO (Perlu
peembinaan dari pemerintah, Perlu bantuan pemerintah seperti pupuk subsidi serta sarana produksi lain), Strategi ST (Peningkatan mutu produksi, Peningkatan manajemen kelompok tani), Strategi WT (Penguatan kelembagaan pada sektor
hilir dan agribisnis). Hasil dari penelitian ini sudah di publikasikan pada jurnal Internasional AJARCDE (Asian Journal of Applied Research for Community Development and Empowerment) Vol. 6 No. 1 (2022): AJARCDE | Asian Journal of Applied Research for Community Development and Empowerment dengan link jurnal https://ajarcde-safe network.org/index.php/index.php/ajarcde/article/view/92.
Kata Kunci: Bawang Merah, Komoditi Unggulan, SWOT
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | UBR > Ekonomi Pertanian |
Divisions: | S2 Ekonomi Pertanian |
Depositing User: | Yudith Unbara |
Date Deposited: | 23 May 2023 03:28 |
Last Modified: | 23 May 2023 03:28 |
URI: | http://repository.unbara.ac.id/id/eprint/1038 |