Konstruksi Realitas Media Online Terhadap Nama Ibu Kota Nusantara

Rustanta, Agustinus and Alfani, Hendra and Yolanda, Maria Konstruksi Realitas Media Online Terhadap Nama Ibu Kota Nusantara. MEDIAKOM: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6 (2). pp. 194-206. ISSN 2686-469X

[thumbnail of Artikel di Jurnal Ilmiah Terakreditasi SINTA 4] Text (Artikel di Jurnal Ilmiah Terakreditasi SINTA 4)
6-Hendra Alfani-Naskah Jurnal Mediakom-UG-Jakarta-Sinta 4-2022.pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Salah satu isu yang sangat menarik untuk dikaji lebih dalam terkait pemindahan ibu kota negara adalah pilihan nama Ibu Kota Negara yang baru dengan nama “Nusantara”. Nusantara telah dipilih menjadi nama ibu kota negara Indonesia yang baru yang berlokasi di Penajam, Kalimantan Timur. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemberitaan media terhadap isu pemilihan nama “Nusantara” sebagai nama ibu kota yang baru. Data diperoleh dari tujuh media online di Indonesia dan dianalisis menggunakan pisau analisis framing model Zhondang Pan dan Gerald M Kosicki. Teori konstruksi realitas sosial dipilih sebagai pijakan mengkaji permasalahan dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tujuh media yang diamati menampilkan hasil konstruksi yang berbeda untuk membingkai Nusantara sebagai nama ibu kota indonesia yang baru.

Keywords: Framing; konstruksi realitas sosial; media online; nusantara

Item Type: Article
Subjects: Universitas Baturaja > Jurnal > FISIP > Ilmu Komunikasi
UBR > Ilmu Komunikasi
Divisions: Jurnal > FISIP > Ilmu Komunikasi
Library of Congress Subject Areas > UBR > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Hendra Alfani
Date Deposited: 10 Mar 2023 01:12
Last Modified: 10 Mar 2023 01:12
URI: http://repository.unbara.ac.id/id/eprint/1350

Actions (login required)

View Item
View Item