Alfani, Hendra (2014) Perspektif Kritis Ekonomi Politik Media: Konglomerasi, Regulasi dan Ideologi. Avant Garde: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2 (2). pp. 1-16. ISSN 2338-431X
2-Hendra Alfani-Naskah Jurnal Avant Garde-UBL-Jakarta-2014.pdf - Published Version
Download (408kB)
Abstract
Ekonomi politik media adalah kajian yang muncul atas pertimbangan bahwa keberadaan media dalam beragam faktor seperti kepemilikan, diversity media dan isi, pengelolaan media, konsumsi media, dan lain-lain mempunyai keterkaitan secara integral dengan politik dan ekonomi. Istilah “ekonomi politik media” merupakan istilah generik yang digunakan secara luas untuk mengkombinasikan kerangka teoritik komunikasi dengan kerangka teoritik politik dan ekonomi. Keterikatan pada dimensi ekonomi dan politik menjadikan informasi menjadi ajang yang rentan terhadap pengaruh keduanya. Sebagai entitas yang dikonstruksi media, apa yang disebut sebagai ’informasi’ acapkali merepresentasikan kepentingan ekonomi sekaligus politik tertentu.
Keywords: media massa, komunikasi, ekonomi politik media, diversity media
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Universitas Baturaja > Jurnal > FISIP > Ilmu Komunikasi UBR > Ilmu Komunikasi |
Divisions: | Jurnal > FISIP > Ilmu Komunikasi Library of Congress Subject Areas > UBR > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Hendra Alfani |
Date Deposited: | 10 Mar 2023 01:08 |
Last Modified: | 10 Mar 2023 01:08 |
URI: | http://repository.unbara.ac.id/id/eprint/1352 |