Esti, Margareta and Nora, Agustina, M.Pd. and Ade, Vidianti, M.Pd. (2022) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SDS MARYAM PTP MINANGA OGAN. Other thesis, Universitas Baturaja.
COVER-DAFTAR LAMPIRAN (Esti margareta).pdf
Download (1MB)
ABSTRAK (Esti margareta).pdf
Download (113kB)
BAB I (Esti margareta).pdf
Download (207kB)
BAB II-1 (Esti margareta).pdf
Download (362kB)
BAB III (Esti margareta).pdf
Download (338kB)
BAB IV (Esti margareta).pdf
Restricted to Repository staff only
Download (887kB)
BAB V (Esti margareta).pdf
Restricted to Repository staff only
Download (108kB)
DAFTAR PUSTAKA (Esti margareta).pdf
Download (125kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Matematika kelas V SDS Maryam PTP Minanga Ogan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian yaitu One-Group PretestPosttest Design. Populasi dalam penelitian 55 siswa. Dan sampel penelitian terdiri dari 27 siswa yaitu kelas VA sebagai kelas eksperimen. Teknik dan alat pengumpulan data menggunakan tes berupa soal pilihan ganda, teknik analisis
dengan menggunakan uji "t". Hasil perhitungan memperoleh data berdistribusi normal untuk kelompok eksperimen sesudah menggunakan model pembelajaran discovery learning menunjukkan bahwa Lhitung lebih kecil dari Ltabel atau 0,096<0,161 dan untuk data siswa sebelum menggunakan model pembelajaran discovery learning didapat bahwa Lhitung lebih kecil dari Ltabel atau 0,135<0,161. Pada data Nilai chi kuadrat dalam tabel dk (2-1) =1, didapatkan nilai 3,841 pada taraf signifikan 5%. Nilai chi kuadrat hitung 3,59, dengan demikian nilai chi kuadrat hitung lebih kecil dari chi kuadrat tabel atau 3,59<3,841, hal ini menunjukkan bahwa data yang diperoleh Homogen. Hasil perhitungan dan analisis data dari hasil pengujian hipotesis yang menunjukkan bahwa thitung> ttabel yang dibuktikan dalam taraf signifikan 5% yaitu 6,67 > 2,06. Dengan demikian hipotesis nihil ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Dilihat dari hasil belajar ini dapat dinyatakan bahwa terdapat keefektifan dalam pembelajaran menggunakan model pembelajaran discovery learning pada mata pelajaran Matematika kelas V di SDS Maryam PTP Minanga Ogan.
Kata Kunci: Efektivitas, Discovery Learning, Hasil Belajar, Matematika
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Universitas Baturaja > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan UBR > Teknologi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan Library of Congress Subject Areas > UBR > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Yudith Unbara |
Date Deposited: | 14 Jun 2023 05:26 |
Last Modified: | 14 Jun 2023 05:26 |
URI: | http://repository.unbara.ac.id/id/eprint/1490 |