KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 20 OKU

Sevti Viranti, Tassa and Dr. Bambang, Sulistyo, M.Pd. and Samsul, Anam, S.S., M.A. (2023) KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 20 OKU. Other thesis, Universitas Baturaja.

[thumbnail of 1. COVER (sevtivirantitassa19@gmail.com).pdf] Text
1. COVER ([email protected]).pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (335kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf

Download (129kB)
[thumbnail of 4. BAB II.pdf] Text
4. BAB II.pdf

Download (169kB)
[thumbnail of 5. BAB III .pdf] Text
5. BAB III .pdf

Download (299kB)
[thumbnail of 6. BAB IV.pdf] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (687kB)
[thumbnail of 7. BAB V.pdf] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (226kB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 20 OKU dan untuk mendeskripsikan kesulitan dalam menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 20 OKU. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan populasi penelitian yaitu seluruh kelas VII SMP Negeri 20 OKU yang berjumlah 110 orang yang terdiri dari 4 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes esai. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif. Adapun hasil tes menunjukan bahwa dari 26 orang siswa yang dijadikan sampel yang memperoleh nilai 80 ke atas dengan kategori baik sekali berjumlah 11 (42,3%) siswa, siswa yang memperoleh nilai 66-79 dengan kategori baik berjumlah 9 (34,6%) siswa, siswa yang memperoleh nilai 56-65 dengan kategori cukup berjumlah 3 (11,5%) siswa, siswa yang memperoleh nilai 46-55 dengan kategori kurang berjumlah 1 (3,8%) siswa, dan siswa yang memperoleh nilai 45 ke bawah dengan kategori gagal berjumlah 2 (7,6%) siswa. Hal tersebut
telah dibuktikan dengan perolehan nilai tertinggi adalah 90,62, nilai terendah adalah 43,75, dengan jumlah nilai keseluruhan siswa adalah 190612, dan nilai rata-rata sebesar 73,3. Berdasarkan dari hasil tersebut siswa kelas VII SMP Negeri 20 OKU dapat dikategorikan baik atau mampu dalam menulis teks prosedur. Sedangkan kesalahan siswa kelas VII SMP Negeri 20 OKU dalam menulis teks prosedur yaitu siswa sering mengalami kesulitan pada saat menuliskan teks prosedur pada bagian kaidah penulisan yang mencakup kesalahan penggunaan tanda baca, penulisan kata, dan huruf kapital.

Kata-kata kunci: Kemampuan, Menulis, Teks Prosedur

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Universitas Baturaja > Jurnal > FKIP > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
UBR > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Yudith Unbara
Date Deposited: 17 Jun 2023 04:33
Last Modified: 17 Jun 2023 04:33
URI: http://repository.unbara.ac.id/id/eprint/1499

Actions (login required)

View Item
View Item