STRATEGI KOMUNIKASI PENGURUS BUMDES MARTA NIAGA DALAM MEMPROMOSIKAN DESTINASI WISATA TAMAN JODOH DI DESA BATUMARTA 2

Juan, Juan and Dra. Umi, Rahmawati, M.Si. and Yunizir, Djakfar, M.I.P. (2023) STRATEGI KOMUNIKASI PENGURUS BUMDES MARTA NIAGA DALAM MEMPROMOSIKAN DESTINASI WISATA TAMAN JODOH DI DESA BATUMARTA 2. Other thesis, Universitas Baturaja.

[thumbnail of COVER JUAN.pdf] Text
COVER JUAN.pdf

Download (626kB)
[thumbnail of ABSTRAK JUAN.pdf] Text
ABSTRAK JUAN.pdf

Download (89kB)
[thumbnail of BAB I JUAN.pdf] Text
BAB I JUAN.pdf

Download (146kB)
[thumbnail of BAB II JUAN.pdf] Text
BAB II JUAN.pdf

Download (342kB)
[thumbnail of BAB III JUAN.pdf] Text
BAB III JUAN.pdf

Download (170kB)
[thumbnail of BAB IV JUAN.pdf] Text
BAB IV JUAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[thumbnail of BAB V JUAN.pdf] Text
BAB V JUAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA JUAN.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA JUAN.pdf

Download (85kB)

Abstract

Selama ini, promosi di Taman Jodoh dirasa kurang efektif karena hanya dilakukan di beberapa media saja. Pada akhirnya, hal ini berakibat pada kuantitas jumlah pengunjung yang datang ke Taman Jodoh. Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui Strategi Komunikasi Pengurus BUMDES Marta Niaga Dalam Mempromosikan Destinasi Wisata Taman Jodoh di desa Batumarta 2. Dalam penelitian ini menggunakan teori perencanaan dengan konsep yaitu tujuan sosial (social goals), meta tujuan (meta goals), dan ingatan kerja (working memory). Metode dalam penelitian ini adalah metode wawancara secara mendalam dengan teknik kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Tujuan sosial (social goals), dalam perncanaan promosinya pengurus BUMDES Martaniaga melakukan beberapa perencanaan yaitu menentukan target pasar dimana dalam tahap ini pengelola menentukan siapa audiens target, audiens target bisa merupakan individu, kelompok masyarakat khusus atau umum. Target utama dari obyek wisata Taman Jodoh Batumarta II adalah masyarakat umum, dan semua kalangan karena tiket masuknya sanat terjangkau. Kemudian perencanaan promosi yang dilakukan adalah melalui media online. Media sosial yang dapat digunakan yakni Instagram, Facebook dan youtube. Meta tujuan (meta goals), pengurus BUMDES memandu rencana-rencana yang dibuat untuk mempermudah Pengurus BUMDES Marta Niaga dalam mempromosikan destinasi wisata Taman Jodoh di desa Batumarta 2, penerapan disini dilakukan melalui mulut ke, melalui media sosial seperti Instagram, Facebook dan youtube, media eletronik, media cetak, dan even-even. Selanjutnya ingatan kerja (working memory Objek wisata Taman Jodoh Batumarta II sudah mampu mengenalkan diri, mengenalkan keberadaan pengurus BUMDES marta niaga, dan mampu mempertahankan dan menaikan jumlah pengunjung. Hal ini terjadi karena media komunikasi berperan penting baik media dari mulut ke mulut, selanjutnya media sosial yaitu Instagram, Facebook, Youtube, dan akun Google Bisnis, serta media cetak yaitu Brosur.

Kata Kunci: Strategi, Komunikasi, BUMDES, Taman Jodoh

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Universitas Baturaja > Jurnal > FISIP > Ilmu Komunikasi
UBR > Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Yudith Unbara
Date Deposited: 13 Nov 2023 02:30
Last Modified: 13 Nov 2023 02:30
URI: http://repository.unbara.ac.id/id/eprint/1739

Actions (login required)

View Item
View Item