ANALISIS WACANA KRITIS OPINI PADA MEDIA MASSA CETAK HARIAN SUMATERA EKSPRES EDISI OKTOBER 2020.

Kadek, Tantri and Aryanti, Agustina, M.Pd. and Emilia, Contessa, M.Pd. (2021) ANALISIS WACANA KRITIS OPINI PADA MEDIA MASSA CETAK HARIAN SUMATERA EKSPRES EDISI OKTOBER 2020. Other thesis, Universitas Baturaja.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (786kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (107kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (122kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (177kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (137kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (730kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (117kB)

Abstract

KADEK TANTRI . 2021. “Analisis wacana kritis opini pada media massa cetak harian Sumatera Ekspres edisi Oktober 2020”. Skripsi. FKIP Unbara. Sarjana (S1), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Baturaja. Pembimbing I: Aryanti Agustin, M.Pd, Pembimbing II: Emilia Contessa, M.Pd.

Media massa mempunyai efek kognitif, afektif, dan konatif/behavioral. Efek kognitif adalah akibat yang timbul pada diri komunikan yang sifatnya informatif bagi dirinya. Efek afektif bertujuan mengajak khalayak untuk turut merasakan perasaan iba, terharu, gembira, marah, dan sebagainya. Efek konatif merupakan akibat yang timbul pada diri khalayak dalam bentuk perilaku, tindakan, atau kegiatan. Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis wacana kritis opini pada media massa cetak harian Sumatera Ekspres edisi Oktober 2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah teknik analisis isi. Berdasarkan hasil penelitian pada opini pada media massa cetak terbitan Sumatera Ekspres edisi Oktober 2020 dapat terdapat tiga dimensi efek komunikasi massa, yaitu kognitif, afektif dan behavioral atau konatif. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan dari sepuluh opini pada media massa cetak terbitan Sumatera Ekspres edisi Oktober 2020 yang dianalisis ditemukan 16 bentuk efek komunikasi massa yang terdiri dari 10 efek kognitif, 2 efek afektif dan 4 efek konatif. Bentuk-bentuk efek komunikasi massa yang paling banyak ditemukan adalah Efek kognitif yang meliputi peningkatan kesadaran, belajar dan tambahan pengetahuan. Opini yang paling banyak mengandung bentuk-bentuk efek komunikasi massa adalah opini yang berjudul Transformsi Pendidikan yaitu sebanyak 3 bentuk.

Kata-kata Kunci: analisis, wacana kritis, opini, media massa cetak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Universitas Baturaja > Jurnal > FKIP > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
UBR > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Yudith Unbara
Date Deposited: 11 Oct 2021 04:26
Last Modified: 11 Oct 2021 04:26
URI: http://repository.unbara.ac.id/id/eprint/187

Actions (login required)

View Item
View Item