Nur, Shabrina Reznani and Bambang, Sulistyo and Nurhasanah, Nurhasanah (2023) PROJECT-BASED WRITING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS AKADEMIK MAHASISWA. EDUKASI: JURNAL PENDIDIKAN, 21 (1): 4. pp. 41-52. ISSN 2407-1803
PROJECT-BASED WRITING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS AKADEMIK MAHASISWA.pdf
Download (212kB)
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengukur efektivitas project-based writing (PBW) terhadap keterampilan menulis akademik mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah praeksperimen dengan rancangan penelitian one group pretestposttest design. Populasi penelitian berjumlah 60 mahasiswa STIE Dwi Sakti Baturaja. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh sehingga keseluruhan populasi dalam penelitian dijadikan sampel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berupa pretest dan posttest. Pengolahan data dilakukan dengan perhitungan uji-t dengan bantuan program aplikasi SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PBW efektif terhadap keterampilan menulis akademik mahasiswa. Nilai rata-rata posttest mengalami peningkatan dari nilai pretest. Berdasarkan hasil penelitian, maka disimpulkan bahwa penerapan PBW efektif meningkatkan keterampilan menulis akademik mahasiswa Manajemen pada mata kuliah wajib kurikulum Bahasa Indonesia.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Universitas Baturaja > Jurnal > FKIP > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UBR > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Divisions: | Jurnal > FKIP > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Library of Congress Subject Areas > UBR > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Bambang Sulistyo |
Date Deposited: | 24 Aug 2024 06:14 |
Last Modified: | 24 Aug 2024 06:24 |
URI: | http://repository.unbara.ac.id/id/eprint/2196 |