KEEFEKTIFAN PENERAPAN METODE BRAINSTORMING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MAHASISWA DALAM MENULIS TEKS BERITA

Darningwati, Darningwati, M.Pd. and Yunda, Lestari, M.Pd. and Bambang, Sulistyo (2020) KEEFEKTIFAN PENERAPAN METODE BRAINSTORMING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MAHASISWA DALAM MENULIS TEKS BERITA. KREDO Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 4 (1). pp. 52-66. ISSN 2599-316X

[thumbnail of KEEFEKTIFAN PENERAPAN METODE BRAINSTORMING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MAHASISWA DALAM MENULIS TEKS BERITA.pdf] Text
KEEFEKTIFAN PENERAPAN METODE BRAINSTORMING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MAHASISWA DALAM MENULIS TEKS BERITA.pdf

Download (975kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kemampuan mahasiswa semester VI Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Baturaja menulis teks berita sebelum dan sesudah menggunakan metode pembelajaran brainstorming. Apakah metode pembelajaran brainstorming lebih efektif dari pada metode konvensional. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan efektivitas metode pembelajaran braimstorming dalam meningkatkan kemampuan menulis teks berita pada mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan desain pra-eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester VI yang berjumlah 137 mahasiswa. Adapun sampel berjumlah 27 orang diambil dengan menggunakan metode sample random sampling. Berdasarkan hasil analisis data, rata-rata post-test adalah 84,44 dan skor rata-rata pre-test adalah 64,44. Hasil uji t menyatakan bahwa t hitung > t tabel (0.05:27). Berdasarkan hasil uji t dapat diketahui bahwa ada perbedaan kemampuan menulis teks berita antara penggunaan metode pembelajaran konvensional dan metode brainstorming. Nilai post-test yang menggunakan metode pembelajaran brainstorming lebih tinggi dari nilai pre-test yang menggunakan metode konvensional. Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode brainstorming lebih efektif dalam pembelajaran menulis teks berita.

Item Type: Article
Subjects: Universitas Baturaja > Jurnal > FKIP > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
UBR > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Jurnal > FKIP > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Library of Congress Subject Areas > UBR > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Bambang Sulistyo
Date Deposited: 24 Aug 2024 06:25
Last Modified: 24 Aug 2024 06:25
URI: http://repository.unbara.ac.id/id/eprint/2212

Actions (login required)

View Item
View Item