Sinta, Arzaniah and Dr. Munajat, Munajat, M.Si. and Dr. Yetty, Oktarina, M.Si. (2024) SALURAN PEMASARAN IKAN PATIN DI BELITANG KECAMATAN OKU TIMUR. Masters thesis, Universitas Baturaja.
22191048_Sinta Arzaniah_Cover.pdf
Download (1MB)
22191048_Sinta Arzaniah_Summary.pdf
Download (526kB)
22191048_Sinta Arzaniah_BAB I.pdf
Download (595kB)
22191048_Sinta Arzaniah_BAB II.pdf
Download (661kB)
22191048_Sinta Arzaniah_BAB III.pdf
Download (613kB)
22191048_Sinta Arzaniah_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (556kB)
22191048_Sinta Arzaniah_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (494kB)
22191048_Sinta Arzaniah_Daftar Pustaka.pdf
Download (549kB)
Abstract
Ikan patin merupakan salah satu jenis ikan air tawar yangvbanyak dicari olehvmasyarakat. Ikan ini banyak diminativsebagai menu kuliner karena memiliki kandungan lemak paling rendah jika dibanding jenis ikan lainnya. Penelitian ini dilaksanakan di kampung patin tepatnya di Kecamatan Belitang Kabupaten OKU Timur. Penentuan lokasi dilaksanakan secara sengaja (Purposive) mengingat Kecamatan Belitang Kabupaten OKU Timur. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey. Metode penarikan contoh yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Sensus. Lembaga pemasaran yang terlibat dalam saluran pemasaran ikan patin di Kecamatan Belitang Kabupaten OKU Timur ada dua lembaga pemasaran, antara lain pedagang besar dan pedagang pengecer. Analisis data yang diolah dalam penelitian adalah data primer dan sekunder. Data primer digunakan untuk analisis efisiensi pemasaran yang dilihat dari marjin pemasaran, pangsa produsen dan elastistas transmisi harga. Data sekunder digunakan untuk menganalisis saluran pemasaran ikan patin di Kecamatan Belitang sementara untuk menjawab permasalahan pertama penelitian digunakan analisis margin pemasaran dan untuk menjawab rumusan masalah kedua digunakan analisis efisiensi. Hasil penelitian menunjukkan Ada dua saluran pemasaran yang ada di Kecamatan Belitang Kabupaten OKU Timur. Bahwa diperoleh marjin pemasaran saluran pemasaran I sebesar Rp 5.275,-, pada pedagang besar dan sebesar Rp. 4.725,- pada pedagang pengecer. Saluran pemasaran yang efesien pada saluran pemasaran II. Saluran pemasaran II merupakan margin pemasaran yang terendah. Rendahnya nilai margin yang diperoleh akibat tidak adanya perhitungan nilai keuntungan pada setiap kelembagaan yang mana pada saluran ini tidak ada kelembagaan yang terlibat. Hasil dari penelitian ini sudah di publikasikan pada jurnal Internasional AIJEBIR (Internasional Journal Of Economic Bussiness Innovation Research).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | UBR > Ekonomi Pertanian |
Divisions: | S2 Ekonomi Pertanian |
Depositing User: | Yudith Unbara |
Date Deposited: | 24 Aug 2024 06:17 |
Last Modified: | 24 Aug 2024 06:17 |
URI: | http://repository.unbara.ac.id/id/eprint/2233 |