Yulita, Astilidea and Eriyanti, Eriyanti, M.Pd. and Awalludin, Awalludin, M.Pd. (2024) EFEKTIFITAS MODEL SELF-DIRECTED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PUISI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SIMPANG. Other thesis, Universitas Baturaja.
COVER-DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (857kB)
ABSTRAK.pdf
Download (115kB)
BAB I.pdf
Download (279kB)
BAB II.pdf
Download (588kB)
BAB III.pdf
Download (691kB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (115kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (126kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa membaca puisi sebelum dan setelah menggunakan model pembelajaran selfdirected learning, siswa kelas VII SMP Negeri 1 Simpang. jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, selanjutnya metode penelitian ini adalah metode eksperimen dan one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Simpang sebanyak 222 orang yang terdiri dari 7 kelas, teknik pengambilan sampel menggunakan
teknik tehnik simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 30 orang. Pengumpulan data menggunakan tes membaca puisi. Analisis data mengunakan teknik statistik dengan rumus uji-t (t-test). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Simpang pada pembelajaran membaca puisi sebelum menggunakan model pembelajaran self-directed learning mendapat kategori kurang baik dengan nilai rata-rata 51,50% dimana nilai ini belum mencapai nilai KKM Sebesar 70. Dan setelah menggunakan model pembelajaran self-directed learning mengalami peningkatan, dimana nilai rata-rata sebesar 74,93% dimana nilai ini telah mencapai nilai KKM sebesar 70. Sehingga hipotesisi yang dikemukakan bahwa “Model pembelajaran Self-Directed Learning Terhadap Kemampuan Membaca Puisi Bagi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Simpang dalam membaca puisi” terbukti kebenarannya, yang dapat dibuktikan juga berdasarkan hasil nilai thitung dimana thitung > ttabel (16,04>2,04). Oleh sebab itu, disarankan agar guru kelas VII SMP Negeri 1 Simpang, khususya bidang studi bahasa indonesia dapat menerapkan model pembelajaran self-directed learning sebagai model pembelajaran alternatif dalam melakukan kegiatan belajar mengajar.
Kata-Kata Kunci: Efektifitas, Model Pembelajaran SDL, Membaca Puisi
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Universitas Baturaja > Jurnal > FKIP > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UBR > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
| Depositing User: | Yudith Unbara |
| Date Deposited: | 17 May 2025 06:09 |
| Last Modified: | 17 May 2025 06:09 |
| URI: | http://repository.unbara.ac.id/id/eprint/2364 |
