EFEKTIFITAS MODEL SELF-DIRECTED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PUISI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SIMPANG

Yulita, Astilidea and Eriyanti, Eriyanti, M.Pd. and Awalludin, Awalludin, M.Pd. (2024) EFEKTIFITAS MODEL SELF-DIRECTED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PUISI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SIMPANG. Other thesis, Universitas Baturaja.

[thumbnail of COVER-DAFTAR LAMPIRAN.pdf] Text
COVER-DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (857kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (115kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (279kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (588kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (691kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (126kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa membaca puisi sebelum dan setelah menggunakan model pembelajaran selfdirected learning, siswa kelas VII SMP Negeri 1 Simpang. jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, selanjutnya metode penelitian ini adalah metode eksperimen dan one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Simpang sebanyak 222 orang yang terdiri dari 7 kelas, teknik pengambilan sampel menggunakan
teknik tehnik simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 30 orang. Pengumpulan data menggunakan tes membaca puisi. Analisis data mengunakan teknik statistik dengan rumus uji-t (t-test). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Simpang pada pembelajaran membaca puisi sebelum menggunakan model pembelajaran self-directed learning mendapat kategori kurang baik dengan nilai rata-rata 51,50% dimana nilai ini belum mencapai nilai KKM Sebesar 70. Dan setelah menggunakan model pembelajaran self-directed learning mengalami peningkatan, dimana nilai rata-rata sebesar 74,93% dimana nilai ini telah mencapai nilai KKM sebesar 70. Sehingga hipotesisi yang dikemukakan bahwa “Model pembelajaran Self-Directed Learning Terhadap Kemampuan Membaca Puisi Bagi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Simpang dalam membaca puisi” terbukti kebenarannya, yang dapat dibuktikan juga berdasarkan hasil nilai thitung dimana thitung > ttabel (16,04>2,04). Oleh sebab itu, disarankan agar guru kelas VII SMP Negeri 1 Simpang, khususya bidang studi bahasa indonesia dapat menerapkan model pembelajaran self-directed learning sebagai model pembelajaran alternatif dalam melakukan kegiatan belajar mengajar.

Kata-Kata Kunci: Efektifitas, Model Pembelajaran SDL, Membaca Puisi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Universitas Baturaja > Jurnal > FKIP > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
UBR > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Yudith Unbara
Date Deposited: 17 May 2025 06:09
Last Modified: 17 May 2025 06:09
URI: http://repository.unbara.ac.id/id/eprint/2364

Actions (login required)

View Item
View Item