MANAJEMEN REKAYASA LALU LINTAS (MRLL) PASAR ATAS KABUPATEN OGAN KOMERING ULU

Aditya Bima, Hendra Utama and Lucyana, Lucyana, M.T. and Oki Endrata, Wijaya, M.T. (2022) MANAJEMEN REKAYASA LALU LINTAS (MRLL) PASAR ATAS KABUPATEN OGAN KOMERING ULU. Other thesis, Universitas Baturaja.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (992kB)
[thumbnail of ABSTRAK ADITYA BIMA.pdf] Text
ABSTRAK ADITYA BIMA.pdf

Download (364kB)
[thumbnail of BAB I ADITYA BIMA.pdf] Text
BAB I ADITYA BIMA.pdf

Download (389kB)
[thumbnail of BAB II ADITYA BIMA.pdf] Text
BAB II ADITYA BIMA.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB III ADITYA BIMA.pdf] Text
BAB III ADITYA BIMA.pdf

Download (691kB)
[thumbnail of BAB IV ADITYA BIMA.pdf] Text
BAB IV ADITYA BIMA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of BAB V ADITYA BIMA.pdf] Text
BAB V ADITYA BIMA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB)
[thumbnail of BAB VI ADITYA  BIMA.pdf] Text
BAB VI ADITYA BIMA.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA ADITYA BIMA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA ADITYA BIMA.pdf

Download (66kB)

Abstract

Peningkatan perekonomian masyarakat berdampak terhadap peningkatan kebutuhan transportasi yang perlu diantisipasi dengan langkah-langkah untuk mengatur keseimbangan antara penyediaan sarana dan prasarana transportasi dengan permintaannya. Ketidakseimbangan antara supply dengan demand menimbulkan permasalahan lalu lintas. Strategi jangka pendek untuk mengatasinya adalah dengan manajemen dan rekayasa lalu lintas untuk meningkatkan kelancaran lalu lintas dengan memaksimalkan penggunaan ruas jalan sesuai dengan kapasitasnya. Manajemen dan rekayasa lalu lintas tidak bisa dilakukan dengan hanya berdasarkan pengamatan kasat mata di lapangan karena di dalamnya terdapat beberapa variabel yang harus diteliti dan dianalisis berdasarkan data dari hasil survey lalu lintas.Penelitian ini dilakukan di Ruas Jalan Jendral Sudirman, Jalan Akmal 1 dan Jalan Akmal 2 Pasar Atas di Kabupaten Ogan Komering Ulu. Hasil penelitian menunjukan bahwa Tingkat pelayanan jalan (Level Of Service) tersebut sebasar 0,76,0,68 dan 0,55 dimana rata-rata mencapai nilai 0,67 menunjukkan bahwa kinerja ruas jalan sudah mulai jenuh untuk menampung arus lalu lintas dengan kondisi pergerakan yang mulai tidak stabil. Terdapat beberapa manajemen dan rekayasa lalu lintas yang optimal untuk diterapkan, dimana alternatif ini akan memberikan nilai kinerja ruas jalan baik dengan Tingkat pelayanan jalan (Level Of Service) ≤ 0,70 yaitu peningkatan pelayanan atau penyelenggaraan parkir ruas jalan, Fasilitas pejalan kaki yang dibutuhkan dan diusulkan dalam manajemen dan rekayasa lalu lintas berupa trotoar dan zebra cross dengan ukuran sesuai dengan sesuai kebutuhan dan memaksimalkan fungsi fasilitas pejalan kaki.

Kata kunci : kinerja ruas jalan, Tingkat pelayanan jalan (Level Of Service), strategi manajemen dan rekayasa lalu lintas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Universitas Baturaja > Jurnal > FTK > Teknik Sipil
UBR > Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Teknik dan Komputer > Teknik Sipil
Depositing User: Yudith Unbara
Date Deposited: 25 Jan 2023 06:42
Last Modified: 25 Jan 2023 06:42
URI: http://repository.unbara.ac.id/id/eprint/1051

Actions (login required)

View Item
View Item