STRATEGI MARKETING POLITIK CALON KEPALA DESA DALAM PEMILIHAN KEPALA DESA TANJUNG BARU KABUPATEN OGAN KOMERING ULU TAHUN 2022

Famela, Famela and Rahmat, Saleh, M,I.P. and Marratu, Fahri, M.I.P. (2022) STRATEGI MARKETING POLITIK CALON KEPALA DESA DALAM PEMILIHAN KEPALA DESA TANJUNG BARU KABUPATEN OGAN KOMERING ULU TAHUN 2022. Other thesis, Universitas Baturaja.

[thumbnail of COVER FAMELA.pdf] Text
COVER FAMELA.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of ABSTRAK FAMELA.pdf] Text
ABSTRAK FAMELA.pdf

Download (15kB)
[thumbnail of BAB I FAMELA.pdf] Text
BAB I FAMELA.pdf

Download (280kB)
[thumbnail of BAB II (1) FAMELA.pdf] Text
BAB II (1) FAMELA.pdf

Download (405kB)
[thumbnail of BAB III (2) FAMELA.pdf] Text
BAB III (2) FAMELA.pdf

Download (185kB)
[thumbnail of BAB IV FAMELA.pdf] Text
BAB IV FAMELA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V FAMELA.pdf] Text
BAB V FAMELA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA FAMELA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA FAMELA.pdf

Download (215kB)

Abstract

Pemilihan Kepala Desa atau yang biasa disebut dengan Pilkades, merupakan bentuk praktik demokrasi langsung di pedesaan, dimana calon kepala desa tersebut dipilih langsung oleh warga desa setempat yang memang betul-betul berdomisili di tempat tersebut. Untuk menciptakan pemilihan kepala desa yang berkualitas, maka setiap kandidat akan saling bersaing untuk memperebutkan suatu kedudukan sebagai pemimpin.

Di tengah-tengah era demokratisasi, strategi marketing politik merupakan cara yang tepat untuk membantu kandidat dalam melakukan pemasaran politik. Karena proses marketing politik dapat memberikan inspirasi tentang cara suatu kontestan dalam membuat produk berupa isu dan program kerja berdasarkan permasalahan-permasalahan yang sedang dihadapi masyarakat.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemasaran politik yang dilakukan oleh setiap kandidat calon kepala desa dalam pemilihan kepala desa Tanjung Baru Kabupatem Ogan Komerimg Ulu Tahun 2022. Penelitian dilakukan pada tanggal 06 November 2022 sampai dengan 10 Desember 2022 di desa Tanjung Baru.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data dilakukan peneliti dengan menggunakan teknik tringulasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kandidat Sudikto, kandidat Subri Bustan, dan kandidat Dewi Subhan dapat menerapkan marketing politiknya dengan baik. Pemasaran politik paling signifikan yang dilakukan oleh ketiga kandidat calon kepala desa Tanjung Baru dapat dilihat dari Promosi (Promotion), di mana ketiga kandidat dan dibantu oleh tim relawan saling berlomba-lomba memasarkan produk mereka melalui media sosial, kabar berita online, koran, dan seringnya menghadiri berbagai macam event/kegiatan formal maupun informal sebagai kesempatan untuk kampanye. untuk mengoptimalkan pemasaran politik bagi kandidat calon kepala desa, maka setiap kandidat sejatinya harus memerhatikan dan mengemas sedemikian rupa program kerja yang ditawarkan kepada masyarakat sebagai bagian dari marketing politiknya.

Kata Kunci: Pemasaran Politik, Pilkades

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Universitas Baturaja > Jurnal > FISIP > Ilmu Pemerintahan
UBR > Ilmu Pemerintahan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Yudith Unbara
Date Deposited: 30 Mar 2023 02:34
Last Modified: 30 Mar 2023 02:34
URI: http://repository.unbara.ac.id/id/eprint/1379

Actions (login required)

View Item
View Item