EFEKTIVITAS MEDIA SOSIAL YOUTUBE DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PANTUN SISWA KELAS V SD NEGERI 151 OKU

Lety, Ramadhona and Rita Nila, Wijaya, S.S., M.Pd. and Erwanto, Erwanto, M.Pd. (2023) EFEKTIVITAS MEDIA SOSIAL YOUTUBE DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PANTUN SISWA KELAS V SD NEGERI 151 OKU. Other thesis, Universitas Baturaja.

[thumbnail of COVER (1).pdf] Text
COVER (1).pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak lety.pdf] Text
Abstrak lety.pdf

Download (253kB)
[thumbnail of BAB 1 lety.pdf] Text
BAB 1 lety.pdf

Download (138kB)
[thumbnail of BAB II lety.pdf] Text
BAB II lety.pdf

Download (198kB)
[thumbnail of BAB III lety.pdf] Text
BAB III lety.pdf

Download (333kB)
[thumbnail of BAB IV lety.pdf] Text
BAB IV lety.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V lety.pdf] Text
BAB V lety.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA lety.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA lety.pdf

Download (132kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa membaca pantun sebelum dan setelah menggunakan media sosial youtube siswa kelas V SD Negeri 151 OKU. metode penelitian ini merupakan metode eksperimen dengan one group prestest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 151 OKU sebanyak 20
siswa, jumlah sampel 20 siswa. Akan tetapi pada saat pretest ada enam siswa yang tidak hadir dan pada saat Posttest masih enam siswa yang tidak hadir. Pengumpulan data menggunakan tes
membaca pantun. Analisis data menggunakan teknik statistik dengan rumus uji-t (t-test). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa kelas V SD Negeri 151 OKU pada pembelajaran membaca pantun sebelum menggunakan media sosial youtube mendapat kategori cukup dengan nilai rata-rata 57,82. Kemudian, setelah diterapkan
media sosial youtube mendapat kategori sangat baik dengan nilai rata-rata 88,06, pada taraf signifikan 3% diperoleh t tabel 1,74 dan t hitung 9,59. Dalam hal ini menunjukan bahwa t hitung lebih besar dibandingkan dengan t tabel. Berdasarkan perhitungan uji t, terbukti “t” harga kritik “t tabel” (“t” lebih besar dari harga kritik “t tabel”). Dengan demikian maka hipotesis nihil (Ho) ditolak ini berarti efektivitas media sosial youtube efektif diterapkan dalam pembelajaran membaca pantun siswa kelas V SD Negeri 151 OKU. Berdasarkan hasil penelitian pada bab pembahasan maka penulis mengajukan saran-saran sebagai berikut: sebaiknya SD Negeri 151 OKU lebih mengakses dan menerapkan aplikasi seperti youtube untuk kepentingan belajar karena dengan adanya penelitian menggunakan youtube ini siswa lebih aktif dalam belajar.

Katak-kata kunci: Efektivitas, Media Sosial Youtube, Membaca Pantun

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Universitas Baturaja > Jurnal > FKIP > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
UBR > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Yudith Unbara
Date Deposited: 09 Jun 2023 03:14
Last Modified: 09 Jun 2023 03:14
URI: http://repository.unbara.ac.id/id/eprint/1457

Actions (login required)

View Item
View Item