Sri, Riski and Darningwati, Darningwati, M.Pd. and Awalludin, Awalludin, M.Pd. (2021) NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL NEGERI DIUJUNG TANDUK KARYA TERE LIYE DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENGAJARAN SASTRA. Other thesis, Universitas Baturaja.
COVER.pdf
Download (418kB)
ABSTRAK.pdf
Download (147kB)
BAB 1.pdf
Download (95kB)
BAB II.pdf
Download (325kB)
BAB III.pdf
Download (169kB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (353kB)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (86kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (160kB)
Abstract
Sri Riski2021. Nilai-Nilai Pendidikan dalam novel Negeri di Ujung Tandukkarya Tere Liye dan Relevansinya terhadap Pengajaran Sastra. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Satra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Baturaja. Pembimbing 1 Darningwati, M.Pd, Pembimbing 2 Awalludin, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tokoh dan penokohan serta nilai-nilaimpendidikan apa saja yang terkandung dalam novel Negeri di Ujung Tandukkarya Tere Liye. Metode yang digunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan teknik dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis karya. Dari hasil penelitian ini menunjukkan tokoh dan penokohan, tokoh Thomas
memiliki karakter pekerja keras, cerdas. tidak pendendam, tidak mudah putus asa. Maggie memiliki karakter cerdas, cekatan, tanggung jawab. Maryam memiliki karakter cerdas. Opa Chan memiliki karakter baik, penyayang, pasrah. Kadek memiliki karakter baik, patuh, bertanggung jawab. Theo memiliki karakter yang mempengaruhi Thomas dalam klub pertarung, baik, suka, suka menolong. Rudi memiliki karakter jujur, cekatan, cerdas. keji. Serta nilai-nilai apa saja yang terdapat pada novel negeri di ujung tanduk karya Tere Liye adalah nilai pendidikan religius, nilai pendidikan moral dan nilai pendidikan sosial. Nilai pendidikan religius yang terdapat pada penelitian ini adalah bersyukur dalam keadaan suka maupun duka. Nilai pendidikan moral pada penelitian ini adalah bertanggung jawab. Nilai pendidikan sosial pada penelitian ini adalah individu yang dihargai sebagai suatu kebenaran dan dijadikan standar bertingkah laku guna memperoleh kehidupan masyarakat yang demokratis dan harmonis. Dapat disimpulkan tokoh dan penokohan serta nilai pendidikan yang terdapat dalam novel. Tokoh dan penokohan unsur intrinsik dalam sebuah karya sastra. Penokohan menggambarkan atau melukiskan tokoh dalam cerita sangat erat kaitannya. Selanjutnya nilai pendidikan pengajaran atau bimbingan.
Kata-kata kunci : nilai pendidikan, novel. relevansi, pengajaran sastra.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Universitas Baturaja > Jurnal > FKIP > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UBR > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Yudith Unbara |
Date Deposited: | 08 Oct 2021 02:14 |
Last Modified: | 08 Oct 2021 02:14 |
URI: | http://repository.unbara.ac.id/id/eprint/162 |