Syandi Prayandra, Satria Nugraha and Yunizir, Djakfar, M.I.P. and Septianita, Septianita, S.P. , M.Si. (2023) PERANAN MEDIA SOSIAL YOUTUBE SEBAGAI SARANA EDUKASI BAGI SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (Studi Pada SMP N 7 OKU). Other thesis, Universitas Baturaja.
Cover (syandibaturaja13gmail.com)..pdf
Download (1MB)
Abstrak.pdf
Download (15kB)
BAB 1.pdf
Download (275kB)
BAB 2.pdf
Download (648kB)
BAB 3.pdf
Download (208kB)
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (442kB)
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (273kB)
Abstract
Youtube merupakan sumber yang semakin populer di kalangan remaja Indonesia untuk memperoleh pengetahuan luar sekolah. Kalangan remaja tidak hanya menonton konten musik atau hiburan, tetapi juga mencari video pembelajaran yang relevan dengan kurikulum sekolah. Demikian hal yang terjadi pada sekolah SMP N 7 OKU ada beberapa guru yang menggunakan media sosial Youtube sebagai sarana pembelajaran contohnya mata pelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam), Matematika, Bahasa Inggris. Siswa-siswi apabila belajar menggunakan media pembelajaran berupa media sosial mereka lebih tertarik. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana Peranan Media Sosial Youtube Sebagai Sarana Edukasi bagi Siswa-Siswi di SMP Negeri 7 OKU. Di dalam penelitian ini peneliti menggunakan teori New Media, penulis menggunakan teori ini dikarenakan sarana komunikasi berbasis internet serta digunakan dalam pembelajaran dengan menggunakan media digital dapat sangat membantu peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran di kelas yang sedang berlangsung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif fokus utamanya adalah menjelaskan objek dari penelitiannya. Dan akhirnya bisa menjawab apa saja peristiwa atau apa saja fenomena yang terjadi. Penulis juga melakukan observasi yang mengambil Sekolah SMP N 7 OKU. Hasil dari penelitian ini berdasarkan peranan Youtube sangat berperan aktif dalam pembelajaran disekolah dan diperlukan untuk anak jaman sekarang, dilihat dari observasi dan wawancara peran Youtube membuat anak menyukai pelajaran yang sedang berlangsung dibandingkan sebelumnya tidak menggunakan Youtube. Kesimpulan peranan Media Youtube merupakan salah satu media pembelajaran yang cukup efektif dalam membantu guru Ketika proses mengajar di dalam kelas dan menyenangkan bagi siswa khususnya pada pelajaran Bahasa Inggris.
Kata Kunci: Peran, Youtube, Edukasi, Siswa Siswi
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Universitas Baturaja > Jurnal > FISIP > Ilmu Komunikasi UBR > Ilmu Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Yudith Unbara |
Date Deposited: | 01 May 2024 14:33 |
Last Modified: | 01 May 2024 14:33 |
URI: | http://repository.unbara.ac.id/id/eprint/2106 |