PENERAPAN KECERDASAN EMOSIONAL DALAM MENGAJAR OLEH GURU DI MADRASAH IBTIDAIYAH SE-KECAMATAN BATURAJA TIMUR

Yeni Nistriyana, Apriliya and Johan, Eka Wijaya, M.Pd. and Ade, Vidianti, M.Pd. (2024) PENERAPAN KECERDASAN EMOSIONAL DALAM MENGAJAR OLEH GURU DI MADRASAH IBTIDAIYAH SE-KECAMATAN BATURAJA TIMUR. Other thesis, Universitas Baturaja.

[thumbnail of COVER YENI NISTRIYANA APRILIYA (FKIP TP).pdf] Text
COVER YENI NISTRIYANA APRILIYA (FKIP TP).pdf

Download (720kB)
[thumbnail of ABSTRAK YENI NISTRIYANA (FKIP TP).pdf] Text
ABSTRAK YENI NISTRIYANA (FKIP TP).pdf

Download (114kB)
[thumbnail of BAB I PENDAHULUAN YENI NISTRIYANA FKIP TP.pdf] Text
BAB I PENDAHULUAN YENI NISTRIYANA FKIP TP.pdf

Download (316kB)
[thumbnail of BAB II KAJIAN PUSTAKA YENI NISTRIYANA APRILIYA FKIP TP.pdf] Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA YENI NISTRIYANA APRILIYA FKIP TP.pdf

Download (492kB)
[thumbnail of BAB III METODOLOGI PENELITIAN YENI NISRTIYANA APRILIYA FKIP TP (1).pdf] Text
BAB III METODOLOGI PENELITIAN YENI NISRTIYANA APRILIYA FKIP TP (1).pdf

Download (453kB)
[thumbnail of BAB IV YENI NISTRIYANA APRILIYA.pdf] Text
BAB IV YENI NISTRIYANA APRILIYA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (668kB)
[thumbnail of BAB V PENUTUP YENI NISTRIYANA APRILIYA.pdf] Text
BAB V PENUTUP YENI NISTRIYANA APRILIYA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA YENI NISTRIYANA FKIP TP.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA YENI NISTRIYANA FKIP TP.pdf

Download (178kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan kecerdasan emosional dalam mengajar oleh guru di madrasah Ibtidaiyah Se-Kecamatan Baturaja Timur. Jenis penelitian kuantitatif dengan metode pendekatan deskriptif. Populasi dan sampel penelitian adalah Guru di Madrasah Ibtidaiyah Se-Kecamatan Baturaja Timur berjumlah 90 orang. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara dengan pedoman wawancara, teknik pengumpulan data yang digunakan observasi merupakan alat pengumpulan data berupa lembar observasi, Teknik pengumpulan data mengunakan kuesioner dengan alat pengukuran data berupa angket dengan 13 butir pertanyaan. Teknik analisis data mengunakan rumus persentase. Dari kegiatan penelitian yang dilakukan maka hasil penelitian penerapan kecerdasan emosional di Madrasah Ibtidaiyah Se-Kecamatan Baturaja Timur pada indikator mengembangkan empati dan kepedulian 91,76% dalam kategori baik sekali kemudian pada indikator mengajarkan kejujuran dan integritas 86,89% dalam kategori baik sekali selanjutnya pada indikator mengajarkan memecahkan masalah 83% dalam kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan kecerdasan emosional dalam mengajar oleh guru di madrasah ibtidaiyah se-kecamatan baturaja timur sudah dijalankan dengan baik sekali.

Kata Kunci : Penerapan, Kecerdasan Emosional, Guru

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Universitas Baturaja > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan
UBR > Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Library of Congress Subject Areas > UBR > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Yudith Unbara
Date Deposited: 26 Nov 2024 09:50
Last Modified: 26 Nov 2024 09:50
URI: http://repository.unbara.ac.id/id/eprint/2280

Actions (login required)

View Item
View Item