SELVY, OKTARIANI and ROSMALA, DEWI, SE.M.SI and RANI, ANWAR,S.Pd,MM (2021) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN UMKM MITRA BINAAN RUMAH BUMN BATURAJA (STUDI KASUS PADA UMKM SUB KATEGORI RIAS DAN KECANTIKAN). Other thesis, Universitas Baturaja.
COVER.pdf
Download (1MB)
ABSTRAK.pdf
Download (91kB)
BAB I.pdf
Download (290kB)
BAB II.pdf
Download (256kB)
BAB III.pdf
Download (228kB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (387kB)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (383kB)
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (89kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (99kB)
Abstract
Selvy Oktariani. 2021. Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan UMKM Mitra Binaan Rumah BUMN Baturaja (Studi Kasus Pada UMKM Sub Kategori Rias Dan Kecantikan). Skripsi Dibimbing oleh Rosmala Dewi, SE., M.Si. dan Rani Anwar, S.Pd., M.M
Penelitian ini membahas tentang analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan UMKM Mitra Binaan Rumah BUMN Baturaja (Studi Kasus Pada UMKM Sub Kategori Rias Dan Kecantikan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini melalui penyebaran kuesioner dan wawancara. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 10 orang. Metode analisis yang digunakan adalah SWOT. Hasil penelitian diketahui jika dalam melakukan strategi pemasaran, UMKM Mitra Binaan Rumah BUMN Baturaja sub kategori rias dan kecantikan menggunakan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) 7P yang terdiri dari strategi produk (product) yaitu menawarkan produk dengan kualitas baik dan beragam, strategi harga (price) yaitu menawarkan harga bersaing, strategi promosi (promotion) melalui berbagai media baik online maupun offline, dan strategi tempat (place) yaitu penentuan lokasi yang strategis. Berdasarkan analisis internal dan eksternal perusahaan, kekuatan perusahaan ada pada tiga faktor yaitu butik memiliki kualitas produk yang baik, lokasi yang strategis, serta pelayanan ramah dan baik terhadap konsumen. Sedangkan kelemahan terbesar perusahaan ada pada struktur organisasi yang belum terpenuhi dan kurang adanya sumber daya yang profesional. Peluang perusahaan utamanya berada pada citra positif yang baik dari masyarakat dan ancaman terbesar ada pada faktor perekonomian yang tidak stabil. Berdasarkan diagram cartesius dan analisis SWOT dapat diperoleh bahwa yang menjadi pilihan strategi utama dari UMKM Mitra Binaan Rumah BUMN Baturaja sub kategori rias dan kecantikan adalah strategi growth.
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Volume Penjualan
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Universitas Baturaja > Jurnal > FEB > Manajemen UBR > Manajemen |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Meria Unbara |
Date Deposited: | 19 Oct 2021 06:43 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 06:43 |
URI: | http://repository.unbara.ac.id/id/eprint/230 |