EFEKTIVITAS MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA KELAS VII DI SMP NEGERI 24 OKU

Riskatiana, Riskatiana and Ade, Vidianti, M.Pd. and Anita, Adesti, M.Pd. (2025) EFEKTIVITAS MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA KELAS VII DI SMP NEGERI 24 OKU. Other thesis, Universitas Baturaja.

[thumbnail of COVER-RISKATIANA-2122028.pdf] Text
COVER-RISKATIANA-2122028.pdf

Download (945kB)
[thumbnail of ABSTRAK-RISKATIANA-2122028.pdf] Text
ABSTRAK-RISKATIANA-2122028.pdf

Download (255kB)
[thumbnail of BAB I-RISKATIANA-2122028.pdf] Text
BAB I-RISKATIANA-2122028.pdf

Download (289kB)
[thumbnail of BAB II-RISKATIANA-2122028.pdf] Text
BAB II-RISKATIANA-2122028.pdf

Download (447kB)
[thumbnail of BAB III-RISKATIANA-2122028.pdf] Text
BAB III-RISKATIANA-2122028.pdf

Download (459kB)
[thumbnail of BAB IV-RISKATIANA-2122028.pdf] Text
BAB IV-RISKATIANA-2122028.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V-RISKATIANA-2122028.pdf] Text
BAB V-RISKATIANA-2122028.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA-RISKATIANA-2122028.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA-RISKATIANA-2122028.pdf

Download (15kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui Efektivitas Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Prakarya kelas VII di SMP Negeri 24 OKU. Jenis penelitian ini merupakan kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian yaitu One-Group PretestPosttest Design. Sampel penelitian berjumlah 40 siswa. Teknik dan alat pengumpulan data menggunakan tes berupa soal pilihan ganda, teknik analisis dengan menggunakan uji “t”. Hasil perhitungan uji normalitas data berdistribusi normal untuk kelas eksperimen sebelum menggunakan model Project Based Learning (PjBL) menunjukkan bahwa Lhitung lebih kecil dari pada Ltabel 0,1266 < 0,1386 dan untuk data siswa sesudah menggunakan model Project Based Learning (PjBL) menunjukkan bahwa Lhitung lebih kecil dari pada Ltabel 0,0958 < 0,1386. Yang berarti untuk hasil uji normalitas hasil yang didapat berdistribusi norrmal. Pada data nilai homogenitas chi-kuadrat dalam tabel dk (2-1) di dapat nilai 3,841 pada taraf signifikan 5%. Nilai chi-kuadrat hitung 0,842 dengan demikian nilai chi-kuadrat
hitung lebih kecil dari pada chi-kuadrat tabel atau 0,842 < 3,841. Hal ini menunjukkan bahwa data dari hasil perhitungan yang diperoleh Homogen. Hasil perhitungan dan analisis data dari hasil pengujian hipotesis pada taraf signifikan 5% dengan df = 39 diperoleh harga “t” tabel yaitu 1,68. Hasil pengujian hipotesis yang menunjukkan bahwa thitung > ttabel yang dibuktikan dalam taraf 5% yaitu 13,46 > 1,68. Diperoleh (Ha) hipotesis alternatif diterima dan (H0) hipotesis nihil
ditolak yaitu ada Efektivitas Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Prakarya Kelas VII Di SMP Negeri 24 OKU.

Kata Kunci: Efektivitas, Project Based Learning, Model Pembelajaran,
Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Universitas Baturaja > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan
UBR > Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Library of Congress Subject Areas > UBR > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Yudith UNBARA Firman Pratama PKL
Date Deposited: 02 Oct 2025 02:59
Last Modified: 07 Oct 2025 04:14
URI: http://repository.unbara.ac.id/id/eprint/2494

Actions (login required)

View Item
View Item