POLA KOMUNIKASI ANAK PENYANDANG TUNAWICARA DENGAN KELUARGA DAN LINGKUNGANYA (Studi Pada Anak Penyandang Tunawicara Di Desa Lunggaian Kecamatan Lubuk Batang)

TIARA, ARIMA PUTRI and UMMI, RAHMAWATI,M.Si and AHMAD, ROSIHAN,M.Si (2022) POLA KOMUNIKASI ANAK PENYANDANG TUNAWICARA DENGAN KELUARGA DAN LINGKUNGANYA (Studi Pada Anak Penyandang Tunawicara Di Desa Lunggaian Kecamatan Lubuk Batang). Other thesis, Universitas Baturaja.

[thumbnail of COVER-DAFTAR LAMPIRAN.pdf] Text
COVER-DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (848kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (13kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (147kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (296kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (75kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (404kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (164kB)

Abstract

ABSTRAK Tiara Arima Putri, NPM 1851069. Pola Komunikasi Anak Penyandang Tunawicara Dengan Keluarga dan Lingkungannya (Studi Pada Anak Penyandang Tunawicara di Desa Lunggaian Kecamatan Lubuk Batang). Skripsi S-1 Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Baturaja Tahun 2022. Pembimbing I : Ibu Dra. Umi Rahmawati, M.Si, dan Pembimbing II : Bapak Akhmad Rosihan, M.Si,
Penelitian ini di latarbelakangi oleh keterbatasan dalam berkomunikasi pada anak penyandang tunawicara di Desa Lunggaian, yang berkomunikasi menggunakan komunikasi nonverbal. Komunikasi yang dilakukan berbeda dengan orang pada umumnya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pola komunikasi yang dilakukan anak penyandang tunawicara terhadap keluarga dan lingkungannya.Teori yang digunakan adalah Teori Interaksi Simbolik. Teori ini merupakan teori yang memandang bagaimana seseorang dapat bergerak dan bertindak berdasarkan makna yang diberikan kepada orang lain. Teori ini memiliki tiga gagasan penting yaitu Self (Diri), Mind (Pemikiran), dan Society (Masyarakat).Metode yang digunakan adalah metode Deskriptif Kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian bahwa komunikasi yang diterapkan anak tunawicara menggunakan komunikasi nonverbal seperti bahasa isyarat, gestur tubuh, ekspresi wajah dan bahkan menggunakan tulisan. Dalam hal ini, teori interaksi simbolik yang mengambil peran penting dalam proses komunikasi dan interaksi yang dilakukan anak tunawicara, karena berkaitan dengan cara komunikasi dan interaksi antar individu dalam hal ini terjadi pada anak penyandang tunawicara dengan melibatkan simbol-simbol komunikasi.

Kata Kunci : Pola Komunikasi, Tunawicara, Interaksi Simbolik

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Universitas Baturaja > Jurnal > FISIP > Ilmu Komunikasi
UBR > Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Meria Unbara
Date Deposited: 14 Mar 2022 05:43
Last Modified: 14 Mar 2022 05:43
URI: http://repository.unbara.ac.id/id/eprint/425

Actions (login required)

View Item
View Item