STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN BASE CAMP OUTDOOR BATURAJA DALAM MENARIK MINAT KONSUMEN

ALBESTA, RAKHMAD and YUNIZIR, DJAKFAR,S.Sos.M.I.P and MERITA, AULI,M.I.Kom (2022) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN BASE CAMP OUTDOOR BATURAJA DALAM MENARIK MINAT KONSUMEN. Other thesis, Universitas Baturaja.

[thumbnail of cover.pdf] Text
cover.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (92kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (163kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (317kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (157kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (226kB)

Abstract

ABSTRAK ALBESTA RAKHMAD, NPM 1851027. STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN BASE CAMP OUTDOOR BATURAJA DALAM MENARIK MINAT KONSUMEN. Skripsi (S-I) Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Baturaja. Januari 2022, dibawah bimbingan Yunizir Djakfar, M.I.P sebagai pembimbing I dan Merita Auli, M.I.Kom sebagai pembimbing II.
Fenomena pemasaran produk melalui media sosial sudah menjadi trend pada saat ini, promosi penjualan secara online atau e-commerce sudah banyak dilakukan oleh pelaku usaha di kota Baturaja Ogan Komering Ulu. Base Camp Outdoor Baturaja merupakan salah satu bentuk usaha di bidang perdagangan dan jasa penyewaan alat outdoor yang memanfaatkan media Instagram sebagai sarana komunikasi pemasaran produknya secara online. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran Base Camp Outdoor Baturaja dalam menarik minat konsumen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan melakukan studi pada objek yang diteliti. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara mendalam. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan Teori analisis SOSTAC (Situation, Objective, Strategy, Tactics, Action dan Controlling), dimana teori ini mempelajari tentang komunikasi pemasaran. Teori analisis SOSTAC bertujuan untuk mengetahui bagaimana komunikasi pemasaran yang ada di perusahaan. Hasil penelitian diketahui bahwa Base Camp Outdoor Baturaja menggunakan beberapa strategi komunikasi pemasaran mulai dari penerapan SOSTAC (Situation, Objective, Strategy, Tactics, Action dan Controlling), lalu strategi komunikasi seperti promosi dengan pemanfaatan media sosial Instagram untuk menyampaikan produk-produk mereka dalam bentuk visual dan pesan. Strategi komunikasi pemasaran melalui media sosial Instagram yang dilakukan Base Camp Outdoor Baturaja melalui akun Instagramnya basecamp_baturaja yaitu, secara online dahulu kemudian disusul dengan offline, pada offline mereka melakukan interaksi dengan konsumen atau calon konsumen dengan adanya sharing mengenai kegiatan-kegiatan outdoor. Sedangkan untuk di online melalui Instagram Base Camp Outdoor Baturaja melakukan postingan-postingan awal yang bersifat story telling, kemudian informasi yang diberikan pada postingan Instagram berupa informasi produk, harga produk, stock produk, serta testimoni produk yang sudah digunakan oleh konsumen. Dengan pemilihan konten-konten yang menarik membuat konsumen menikmati postingan yang dilakukan Base Camp Outdoor Baturaja.

Kata Kunci: Strategi Komunikasi Pemasaran, SOSTAC, Instagram

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Universitas Baturaja > Jurnal > FISIP > Ilmu Komunikasi
UBR > Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Meria Unbara
Date Deposited: 21 Apr 2022 03:53
Last Modified: 21 Apr 2022 03:53
URI: http://repository.unbara.ac.id/id/eprint/509

Actions (login required)

View Item
View Item