POLA KOMUNIKASI GURU DAN ORANG TUA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS PADA PROSES PEMBELAJARAN SISTEM DARING (DALAM JARINGAN) DI SLB SD NEGERI BATURAJA

Mgs. M. Riza, Fahlevi Juliansyah and Septiana, Wulandari, M.IKom. and Puspita, Devi, M.Pd. (2022) POLA KOMUNIKASI GURU DAN ORANG TUA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS PADA PROSES PEMBELAJARAN SISTEM DARING (DALAM JARINGAN) DI SLB SD NEGERI BATURAJA. Other thesis, Universitas Baturaja.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (937kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (17kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (371kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (636kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (221kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (305kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (133kB)

Abstract

Anak berkebutuhan khusus (ABK) secara umum dapat diartikan sebagai anak yang memiliki hambatan dalam pertumbuhan, perkembangan yang mengalami perbedaan, baik itu kekurangan maupun kelebihan, secara fisik, psikis, emosional dan sosial yang membedakannya dengan anak-anak normal sehingga anak sangat memerlukan perlakuan dan pendidikan khusus dari guru dan orang tua anak yang memiliki kelainan cacat fisik autis dan mental rendah harus benar benar mendapatkan perlakuan khusus dari guru orang tua sehingga anak tidak merasa berbeda dari anak-anak yang lain.

Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori komunikasi penetrasi sosial. Dalam teori komunikasi penetrasi sosial memiliki proses yang dibagi empat yaitu: Tahap Orientasi, Tahap Pertukaran Penjajakan, Pertukaran Afektif, dan Pertukaran Stabil.

Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma kontruktivisme. Metedologi penelitian yang digunakan peneliti adalah deskriptif kualitatif dengan tehnik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara mendalam.

Hasil penelitian bahwa pola komunikasi guru dan orang tua anak berkebutuhan khusus terjadi pergerakan kedekatan hubungan dari hubungan yang dangkal menjadi komunikasi hubungan yang lebih intim. Guru dan orang tua anak berkebutuhan khusus saling menjaga hubungan komunikasi agar terjalin komunikasi yang baik pada proses pembelajaran daring.

Kesimpulan bahwa proses pembelajaran pada anak berkebutuhan khusus pada proses pembelajaran sistem Daring di SLB SD Negeri Baturaja guru memberikan pelayanan individual kepada siswa, menggunakan media pembelajaran yang sederhana, menggunakan metode dan strategi yang mudah di pahami oleh siswa serta evaluasi pembelajaran berdasarkan kemampuan anak.

Kata kunci: Pola komunikasi, guru dan orang tua anak berkebutuhan khusus

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Universitas Baturaja > Jurnal > FISIP > Ilmu Komunikasi
UBR > Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Yudith Unbara
Date Deposited: 04 Nov 2022 03:30
Last Modified: 04 Nov 2022 03:30
URI: http://repository.unbara.ac.id/id/eprint/912

Actions (login required)

View Item
View Item