INOVASI PELAYANAN KESEHATAN DI RUMAH SAKIT PADA MASA PANDEMI CORONA VIRUS DISEASE 2019 (COVID-19) (Studi Kasus di Rumah Sakit Tentara Dokter Noesmir Baturaja)

Netri, Ulpa and Aprilia, Lestari, M.I.P. and Ikang Putra, Anggra, M.Si. (2022) INOVASI PELAYANAN KESEHATAN DI RUMAH SAKIT PADA MASA PANDEMI CORONA VIRUS DISEASE 2019 (COVID-19) (Studi Kasus di Rumah Sakit Tentara Dokter Noesmir Baturaja). Other thesis, Universitas Baturaja.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (189kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (404kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (463kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (311kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (671kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (15kB)

Abstract

Pelayanan kesehatan di masa pandemi corona virus disease 2019 (Covid-19) sangat berbeda dengan sebelum adanya Covid-19. Saat pandemi virus corona seperti saat ini, rumah sakit perlu menyiapkan prosedur keamanan yang lebih ketat dimana protokol Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) di ikuti sesuai standar dan dijalankan dengan mengutamakan keselamatan pasien dan tenaga kesehatan yang bertugas.

Penelitian ini dilakukan untuk membahas mengenai inovasi pelayanan kesehatan yang dilakukan oleh RST Dr. Noesmir Baturaja dalam memberikan pelayanan prima kepada pasien di masa pandemi Covid-19. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui inovasi apa yang dilakukan oleh RST Dr. Noesmir Baturaja dalam memberikan pelayanan di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik penentuan informan penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data di lakukan melalui observasi langsung dan wawancara mendalam.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa RST Dr. Noesmir Baturaja menerapkankan inovasi pelayanan di masa pandemi covid-19 ini, inovasi tersebut tergolong dalam level inovasi inkremental. Pelayanan prima dan penerapan inovasi kesehatan yang di jalankan sudah di nilai cukup baik, walaupun berdasarkan hasil wawancara, tingkat kepuasan masyarakat atau pasien terhadap pelayanan yang ada di RST Dr. Noesmir Baturaja belum sepenuhnya baik dan
masih banyak di temukan keluhan-keluhan dari pasien maupun keluarga pasien disana. Saran dalam penelitian ini adalah diperlukan adanya perbaikan dan peningkatan kualitas layanan serta sarana dan prasarana di RST. Dr. Noesmir Baturaja.

Kata Kunci: Pelayanan Kesehatan, Inovasi, Pelayanan Prima

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Universitas Baturaja > Jurnal > FISIP > Ilmu Pemerintahan
UBR > Ilmu Pemerintahan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Yudith Unbara
Date Deposited: 16 Nov 2022 02:38
Last Modified: 16 Nov 2022 02:38
URI: http://repository.unbara.ac.id/id/eprint/937

Actions (login required)

View Item
View Item