Netri, Ulpa and Aprilia, Lestari, M.I.P. and Ikang Putra, Anggra, M.Si. (2022) INOVASI PELAYANAN KESEHATAN DI RUMAH SAKIT PADA MASA PANDEMI CORONA VIRUS DISEASE 2019 (COVID-19) (Studi Kasus di Rumah Sakit Tentara Dokter Noesmir Baturaja). Other thesis, Universitas Baturaja.
COVER.pdf
Download (1MB)
ABSTRAK.pdf
Download (189kB)
BAB I.pdf
Download (404kB)
BAB II.pdf
Download (463kB)
BAB III.pdf
Download (311kB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (671kB)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (187kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (15kB)
Abstract
Pelayanan kesehatan di masa pandemi corona virus disease 2019 (Covid-19) sangat berbeda dengan sebelum adanya Covid-19. Saat pandemi virus corona seperti saat ini, rumah sakit perlu menyiapkan prosedur keamanan yang lebih ketat dimana protokol Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) di ikuti sesuai standar dan dijalankan dengan mengutamakan keselamatan pasien dan tenaga kesehatan yang bertugas.
Penelitian ini dilakukan untuk membahas mengenai inovasi pelayanan kesehatan yang dilakukan oleh RST Dr. Noesmir Baturaja dalam memberikan pelayanan prima kepada pasien di masa pandemi Covid-19. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui inovasi apa yang dilakukan oleh RST Dr. Noesmir Baturaja dalam memberikan pelayanan di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik penentuan informan penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data di lakukan melalui observasi langsung dan wawancara mendalam.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa RST Dr. Noesmir Baturaja menerapkankan inovasi pelayanan di masa pandemi covid-19 ini, inovasi tersebut tergolong dalam level inovasi inkremental. Pelayanan prima dan penerapan inovasi kesehatan yang di jalankan sudah di nilai cukup baik, walaupun berdasarkan hasil wawancara, tingkat kepuasan masyarakat atau pasien terhadap pelayanan yang ada di RST Dr. Noesmir Baturaja belum sepenuhnya baik dan
masih banyak di temukan keluhan-keluhan dari pasien maupun keluarga pasien disana. Saran dalam penelitian ini adalah diperlukan adanya perbaikan dan peningkatan kualitas layanan serta sarana dan prasarana di RST. Dr. Noesmir Baturaja.
Kata Kunci: Pelayanan Kesehatan, Inovasi, Pelayanan Prima
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Universitas Baturaja > Jurnal > FISIP > Ilmu Pemerintahan UBR > Ilmu Pemerintahan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan |
Depositing User: | Yudith Unbara |
Date Deposited: | 16 Nov 2022 02:38 |
Last Modified: | 16 Nov 2022 02:38 |
URI: | http://repository.unbara.ac.id/id/eprint/937 |