PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 32 OKU

Syanindita Naratama, Kania and Inawati, Inawati, M.Pd. and Awalludin, Awalludin, M.Pd. (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 32 OKU. Other thesis, Universitas Baturaja.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (289kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (313kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (184kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (269kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (308kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis android mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 32 OKU. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Research and Development. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan angket. Selanjutnya, teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa guru dan siswa kelas VIII SMP Negeri 32 OKU membutuhkan media pembelajaran berbasis android mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk materi teks berita, teks puisi, teks eksplanasi, dan teks drama. Kebutuhan tersebut berkaitan dengan aspek isi dan aspek fisik media pembelajaran berbasis android. Hasil evaluasi orang per orang terhadap prototipe media pembelajaran yang dikembangkan oleh peneliti, dilakukan revisi atau perbaikan mengenai ukuran huruf dan gambar dalam media pembelajaran berbasis android. Hasil evaluasi kelompok kecil adalah respons siswa terhadap media pembelajaran berbasis android mata pelajaran Bahasa Indonesia sangat
positif dan menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis android mata pelajaran Bahasa Indonesia sudah siap untuk digunakan pada uji lapangan kelompok besar tanpa adanya perbaikan dan tidak ada saran atau masukan dari siswa. Hasil penilaian dari ahli desain memperoleh skor 34 (97%) dinyatakan sangat layak. Hasil penilaian dari ahli materi memperoleh skor 24 (80%) dinyatakan layak. Hasil penilaian dari ahli media memperoleh skor 23 (92%) dinyatakan sangat layak. Hasil penilaian dari ahli bahasa memperoleh skor 19 (76%) dinyatakan layak. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa prototipe media pembelajaran berbasis android mata pelajaran Bahasa Indonesia dapat dinyatakan layak.

Kata-kata kunci: pengembangan, media pembelajaran, bahasa Indonesia, berbasis android

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Universitas Baturaja > Jurnal > FKIP > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
UBR > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Yudith Unbara
Date Deposited: 10 Jan 2023 06:38
Last Modified: 10 Jan 2023 06:38
URI: http://repository.unbara.ac.id/id/eprint/1012

Actions (login required)

View Item
View Item