Kurniawati, Kurniawati and Dr. Hendra, Alfani, M.IKom. and Septiana, Wulandari, M.IKom. (2022) KONSTRUKSI PEMBERITAAN HOLYWINGS PROMO MINUMAN BERALKOHOL BERLABEL MUHAMMADMARIA (ANALISIS FRAMING ZHONGDANG PAN DAN GERALD M. KOSICKI DALAM MEDIA DETIK.COM, KOMPAS.COM DAN REPUBLIKA.CO.ID). Other thesis, Universitas Baturaja.
1. COVER KURNIAWATI.pdf
Download (1MB)
2. ABSTRAK KURNIAWATI.pdf
Download (35kB)
3. BAB I KURNIAWATI.pdf
Download (61kB)
4. BAB II KURNIAWATI.pdf
Download (97kB)
5. BAB III KURNIAWATI.pdf
Download (100kB)
6. BAB IV KURNIAWATI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (365kB)
7. BAB V KURNIAWATI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (38kB)
8. DAFTAR PUSTAKA KURNIAWATI.pdf
Download (147kB)
Abstract
Berkembangnya media komunikasi massa menghadirkan media sosial dan melalui media sosial Instagram dengan nama akun @holywingsindonesia, pihak marketing perusahaan tempat hiburan malam tersebut mengunggah foto promosi minuman beralkohol berlabel Muhammad-Maria. Hal tersebut kemudian menjadi sorotan dan mengundang banyak komentar dari pengguna media sosial Instagram lainnya karena dianggap sebagai pelecehan dan penistaan bagi umat muslim dan umat kristiani. Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana konstruksi media online Detik.com, Kompas.com, dan Republika.co.id dalam pemberitaan Holywings Promo Minuman Beralkohol Berlabel Muhammad-Maria. Penelitian ini menggunakan metode analisis framing model Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki dengan melihat empat perangkat yang terdiri dari sintaksis, skrip, tematik, dan retoris. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivis. Media Detik.com mengonstruksi pemberitaan Holywings Promo Minuman Beralkohol Berlabel Muhammad-Maria sebagai pemberitaan yang biasa atas kesalahan dan kelalaian pihak promosi Holywings disebabkan karena media Detik.com lebih berfokus pada aktualitas media. Kompas.com memiliki konsistensi terhadap konstruksi yang dilakukannya dengan mengatakan bahwa promosi minuman beralkohol yang dilakukan oleh pihak Holywings merupakan promosi yang bernada penistaan terhadap kedua agama. Media Republika.co.id mengonstruksi
pemberitaan Holywings Promo Minuman Beralkohol Berlabel Muhammad-Maria sebagai pemberitaan terkait penistaan agama namun lebih berfokus pada penistaan terhadap agama islam.
Kata Kunci: Framing, media online, berita, holywings
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Universitas Baturaja > Jurnal > FISIP > Ilmu Komunikasi UBR > Ilmu Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Yudith Unbara |
Date Deposited: | 15 Feb 2023 04:54 |
Last Modified: | 15 Feb 2023 04:54 |
URI: | http://repository.unbara.ac.id/id/eprint/1149 |