KONSTRUKSI PEMBERITAAN HOLYWINGS PROMO MINUMAN BERALKOHOL BERLABEL MUHAMMADMARIA (ANALISIS FRAMING ZHONGDANG PAN DAN GERALD M. KOSICKI DALAM MEDIA DETIK.COM, KOMPAS.COM DAN REPUBLIKA.CO.ID)

Kurniawati, Kurniawati and Dr. Hendra, Alfani, M.IKom. and Septiana, Wulandari, M.IKom. (2022) KONSTRUKSI PEMBERITAAN HOLYWINGS PROMO MINUMAN BERALKOHOL BERLABEL MUHAMMADMARIA (ANALISIS FRAMING ZHONGDANG PAN DAN GERALD M. KOSICKI DALAM MEDIA DETIK.COM, KOMPAS.COM DAN REPUBLIKA.CO.ID). Other thesis, Universitas Baturaja.

[thumbnail of 1. COVER KURNIAWATI.pdf] Text
1. COVER KURNIAWATI.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK KURNIAWATI.pdf] Text
2. ABSTRAK KURNIAWATI.pdf

Download (35kB)
[thumbnail of 3. BAB I KURNIAWATI.pdf] Text
3. BAB I KURNIAWATI.pdf

Download (61kB)
[thumbnail of 4. BAB II KURNIAWATI.pdf] Text
4. BAB II KURNIAWATI.pdf

Download (97kB)
[thumbnail of 5. BAB III KURNIAWATI.pdf] Text
5. BAB III KURNIAWATI.pdf

Download (100kB)
[thumbnail of 6. BAB IV KURNIAWATI.pdf] Text
6. BAB IV KURNIAWATI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (365kB)
[thumbnail of 7. BAB V KURNIAWATI.pdf] Text
7. BAB V KURNIAWATI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA KURNIAWATI.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA KURNIAWATI.pdf

Download (147kB)

Abstract

Berkembangnya media komunikasi massa menghadirkan media sosial dan melalui media sosial Instagram dengan nama akun @holywingsindonesia, pihak marketing perusahaan tempat hiburan malam tersebut mengunggah foto promosi minuman beralkohol berlabel Muhammad-Maria. Hal tersebut kemudian menjadi sorotan dan mengundang banyak komentar dari pengguna media sosial Instagram lainnya karena dianggap sebagai pelecehan dan penistaan bagi umat muslim dan umat kristiani. Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana konstruksi media online Detik.com, Kompas.com, dan Republika.co.id dalam pemberitaan Holywings Promo Minuman Beralkohol Berlabel Muhammad-Maria. Penelitian ini menggunakan metode analisis framing model Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki dengan melihat empat perangkat yang terdiri dari sintaksis, skrip, tematik, dan retoris. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivis. Media Detik.com mengonstruksi pemberitaan Holywings Promo Minuman Beralkohol Berlabel Muhammad-Maria sebagai pemberitaan yang biasa atas kesalahan dan kelalaian pihak promosi Holywings disebabkan karena media Detik.com lebih berfokus pada aktualitas media. Kompas.com memiliki konsistensi terhadap konstruksi yang dilakukannya dengan mengatakan bahwa promosi minuman beralkohol yang dilakukan oleh pihak Holywings merupakan promosi yang bernada penistaan terhadap kedua agama. Media Republika.co.id mengonstruksi
pemberitaan Holywings Promo Minuman Beralkohol Berlabel Muhammad-Maria sebagai pemberitaan terkait penistaan agama namun lebih berfokus pada penistaan terhadap agama islam.

Kata Kunci: Framing, media online, berita, holywings

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Universitas Baturaja > Jurnal > FISIP > Ilmu Komunikasi
UBR > Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Yudith Unbara
Date Deposited: 15 Feb 2023 04:54
Last Modified: 15 Feb 2023 04:54
URI: http://repository.unbara.ac.id/id/eprint/1149

Actions (login required)

View Item
View Item