STRATEGI KOMUNIKASI KOMISI PEMILIHAN UMUM (KPU) KABUPATEN OKU DALAM MENGEDUKASI PEMILIH PEMULA MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM PADA PEMILUKADA TAHUN 2020

Rico S., Armahesa and Dra. Umi, Rahmawati, M.Si. and Merita, Auli, M.IKom. (2022) STRATEGI KOMUNIKASI KOMISI PEMILIHAN UMUM (KPU) KABUPATEN OKU DALAM MENGEDUKASI PEMILIH PEMULA MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM PADA PEMILUKADA TAHUN 2020. Other thesis, Universitas Baturaja.

[thumbnail of Cover-Rico S. Armahesa.pdf] Text
Cover-Rico S. Armahesa.pdf

Download (688kB)
[thumbnail of ABSTRAK-Rico S. Armahesa.pdf] Text
ABSTRAK-Rico S. Armahesa.pdf

Download (154kB)
[thumbnail of BAB I-Rico S. Armahesa.pdf] Text
BAB I-Rico S. Armahesa.pdf

Download (181kB)
[thumbnail of BAB II-Rico S. Armahesa.pdf] Text
BAB II-Rico S. Armahesa.pdf

Download (237kB)
[thumbnail of BAB III-Rico S. Armahesa.pdf] Text
BAB III-Rico S. Armahesa.pdf

Download (167kB)
[thumbnail of BAB IV-Rico S. Armahesa.pdf] Text
BAB IV-Rico S. Armahesa.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V-Rico S. Armahesa.pdf] Text
BAB V-Rico S. Armahesa.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA-Rico S. Armahesa(2).pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA-Rico S. Armahesa(2).pdf

Download (164kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten OKU dalam mengedukasi pemilih pemula melalui media sosial instagram pada pemilukada tahun 2020. Pemilih pemula dalam pemilu memiliki dua kategori yaitu, pertama pemilih yang genap berumur 17 (tujuh belas) tahun atau lebih pada hari pemungutan suara, kedua, pemilih yang telah berubah status
dari status anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) atau Kepolisian Negara Republik Indonesia menjadi status sipil. Penelitian ini menggunakan teori perencanaan Charles Berger, melalui dua konsep yaitu meta – tujuan (meta-goals) dan tujuan sosial (sosial goals). Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme, metode yang digunakan kualitatif deskriptif, teknik yang digunakan wawancara mendalam serta
teknik penentuan informan dilakukan dengan teknik purposive. Hasil penelitian menunjukan bahwa KPU Kabupaten OKU melakukan sosialisasi dan pendidikan pemilih melalui media sosial bertujuan untuk meningkatkan partisipasi pemilih dalam pemilukada Kabupaten OKU pada tahun 2020, rendahnya ketertarikan pada kegiatan kepemiluan membuat pemilih pemula tidak begitu antusias akan pengetahuan tentang kepemiluan. KPU Kabupaten OKU melakukan sosialisasi dan pendidikan pemilih melalui media sosial instagram tidak maksimal, dikarenakan presentase angka partisipasi pemilih (masyarakat) yang didapati pada saat pemilukada berakhir kurang dari target yang telah ditentukan. Kesimpulan strategi komunikasi yang digunakan KPU Kabupaten OKU telah dipersiapkan dengan baik dengan langkah-langkah perencanaan yang di ambil namun hasilnya kurang maksimal, KPU Kabupaten OKU perlu melakukan terobosan baru sebagai upaya agar sosialisasi dan pendidikan pemilih yang dilakukan tepat sasaran serta dapat meningkatkan partisipasi pemilih.

Kata kunci: Strategi Komunikasi, Komisi Pemilihan Umum, Pemilih Pemula

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Universitas Baturaja > Jurnal > FISIP > Ilmu Komunikasi
UBR > Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Yudith Unbara
Date Deposited: 03 Mar 2023 02:20
Last Modified: 03 Mar 2023 02:20
URI: http://repository.unbara.ac.id/id/eprint/1176

Actions (login required)

View Item
View Item