Rico S., Armahesa and Dra. Umi, Rahmawati, M.Si. and Merita, Auli, M.IKom. (2022) STRATEGI KOMUNIKASI KOMISI PEMILIHAN UMUM (KPU) KABUPATEN OKU DALAM MENGEDUKASI PEMILIH PEMULA MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM PADA PEMILUKADA TAHUN 2020. Other thesis, Universitas Baturaja.
Cover-Rico S. Armahesa.pdf
Download (688kB)
ABSTRAK-Rico S. Armahesa.pdf
Download (154kB)
BAB I-Rico S. Armahesa.pdf
Download (181kB)
BAB II-Rico S. Armahesa.pdf
Download (237kB)
BAB III-Rico S. Armahesa.pdf
Download (167kB)
BAB IV-Rico S. Armahesa.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
BAB V-Rico S. Armahesa.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (159kB)
DAFTAR PUSTAKA-Rico S. Armahesa(2).pdf
Download (164kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten OKU dalam mengedukasi pemilih pemula melalui media sosial instagram pada pemilukada tahun 2020. Pemilih pemula dalam pemilu memiliki dua kategori yaitu, pertama pemilih yang genap berumur 17 (tujuh belas) tahun atau lebih pada hari pemungutan suara, kedua, pemilih yang telah berubah status
dari status anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) atau Kepolisian Negara Republik Indonesia menjadi status sipil. Penelitian ini menggunakan teori perencanaan Charles Berger, melalui dua konsep yaitu meta – tujuan (meta-goals) dan tujuan sosial (sosial goals). Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme, metode yang digunakan kualitatif deskriptif, teknik yang digunakan wawancara mendalam serta
teknik penentuan informan dilakukan dengan teknik purposive. Hasil penelitian menunjukan bahwa KPU Kabupaten OKU melakukan sosialisasi dan pendidikan pemilih melalui media sosial bertujuan untuk meningkatkan partisipasi pemilih dalam pemilukada Kabupaten OKU pada tahun 2020, rendahnya ketertarikan pada kegiatan kepemiluan membuat pemilih pemula tidak begitu antusias akan pengetahuan tentang kepemiluan. KPU Kabupaten OKU melakukan sosialisasi dan pendidikan pemilih melalui media sosial instagram tidak maksimal, dikarenakan presentase angka partisipasi pemilih (masyarakat) yang didapati pada saat pemilukada berakhir kurang dari target yang telah ditentukan. Kesimpulan strategi komunikasi yang digunakan KPU Kabupaten OKU telah dipersiapkan dengan baik dengan langkah-langkah perencanaan yang di ambil namun hasilnya kurang maksimal, KPU Kabupaten OKU perlu melakukan terobosan baru sebagai upaya agar sosialisasi dan pendidikan pemilih yang dilakukan tepat sasaran serta dapat meningkatkan partisipasi pemilih.
Kata kunci: Strategi Komunikasi, Komisi Pemilihan Umum, Pemilih Pemula
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Universitas Baturaja > Jurnal > FISIP > Ilmu Komunikasi UBR > Ilmu Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Yudith Unbara |
Date Deposited: | 03 Mar 2023 02:20 |
Last Modified: | 03 Mar 2023 02:20 |
URI: | http://repository.unbara.ac.id/id/eprint/1176 |