EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN IPA DI SMP NEGERI 01 KISAM ILIR

Nia, Asnawati and Yelmi, Yunarti, M.Pd. and Johan, Eka Wijaya, M.Pd. (2022) EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN IPA DI SMP NEGERI 01 KISAM ILIR. Other thesis, Universitas Baturaja.

[thumbnail of COVER NIA ASNAWTI  1922003 FIX.pdf] Text
COVER NIA ASNAWTI 1922003 FIX.pdf

Download (644kB)
[thumbnail of ABSTRAK, NIA ASNAWATI, 1922003.pdf] Text
ABSTRAK, NIA ASNAWATI, 1922003.pdf

Download (78kB)
[thumbnail of BAB I, NIA ASNAWATI, 1922003.pdf] Text
BAB I, NIA ASNAWATI, 1922003.pdf

Download (186kB)
[thumbnail of BAB II, NIA ASNAWATI, 1922003.pdf] Text
BAB II, NIA ASNAWATI, 1922003.pdf

Download (212kB)
[thumbnail of BAB III, NIA ASNAWATI, 1922003.pdf] Text
BAB III, NIA ASNAWATI, 1922003.pdf

Download (328kB)
[thumbnail of BAB IV, NIA ASNAWATI, 1922003.pdf] Text
BAB IV, NIA ASNAWATI, 1922003.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (508kB)
[thumbnail of BAB V, NIA ASNAWATI, 1922003.pdf] Text
BAB V, NIA ASNAWATI, 1922003.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA FIX, NIA ASNAWATI, 1922003.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA FIX, NIA ASNAWATI, 1922003.pdf

Download (115kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Efektifitas Metode Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VII Di SMP Negeri 01 Kisam Ilir. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian yaitu One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian 64 siswa. Dan sampel penelitian terdiri dari 32 siswa yaitu kelas VII,1 sebagai kelas eksperimen. Teknik dan alat pengumpulan data menggunakan tes berupa soal pilihan ganda, teknik analisis dengan menggunakan uji “t”. Hasil perhitungan memperoleh data berdistribusi normal dengan Lhitung kelompok eksperimen sebesar 0,489<0,886 dan data homogen diperoleh nilai sebesar 3,516<3,841sehingga thitung>ttabel nilai thitung yang diperoleh sebesar 7,15>2,00. pada harga t untuk df atau db = N1+n2-2= 32+31-2= 62 pada taraf sinifikan 5% adalah 2,00 sehingga thitung>ttabel. Karena “t” yang diperoleh dalam perhitungan t0 = 0,449 adalah lebih besar dari tahap signifikan maka hipotesis nihil (Ho) ditolak. Dilihat dari hasil nilai belajar ini dapat dinyatakan bahwa terdapat keefektifan dalam pembelajaran menggunakan metode pembelajaran mind mapping pada mata pelajaran IPA di SMP Negeri 01 Kisam Ilir.

Kata kunci: Efektifitas, Metode Mind Mapping, Hasil Belajar, IPA

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Universitas Baturaja > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan
UBR > Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Library of Congress Subject Areas > UBR > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Yudith Unbara
Date Deposited: 04 Mar 2023 02:55
Last Modified: 04 Mar 2023 02:55
URI: http://repository.unbara.ac.id/id/eprint/1182

Actions (login required)

View Item
View Item