KONDISI PEREKONOMIAN MASYARAKAT PASCA KENAIKAN BBM (Analisis Framing Robert Entman Dimedia Detik.com Dan Kompas.com Periode September 2022 )

Andika, Saputra and Darwadi, Suwarno, M.IKom. and Dian, Novitasari, M.IKom. (2022) KONDISI PEREKONOMIAN MASYARAKAT PASCA KENAIKAN BBM (Analisis Framing Robert Entman Dimedia Detik.com Dan Kompas.com Periode September 2022 ). Other thesis, Universitas Baturaja.

[thumbnail of 1. Cover oke ANDIKA SAPUTRA.pdf] Text
1. Cover oke ANDIKA SAPUTRA.pdf

Download (264kB)
[thumbnail of 2. Abstrak ANDIKA SAPUTRA.pdf] Text
2. Abstrak ANDIKA SAPUTRA.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of 3. BAB I ANDIKA SAPUTA.pdf] Text
3. BAB I ANDIKA SAPUTA.pdf

Download (139kB)
[thumbnail of 4. BAB II ANDIKA SAPUTA.pdf] Text
4. BAB II ANDIKA SAPUTA.pdf

Download (299kB)
[thumbnail of 5. BAB III ANDIKA SAPUTRA.pdf] Text
5. BAB III ANDIKA SAPUTRA.pdf

Download (20kB)
[thumbnail of 6. BAB IV ANDIKA.pdf] Text
6. BAB IV ANDIKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 7. BAB V  ANDIKA.pdf] Text
7. BAB V ANDIKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[thumbnail of 8. Daftar  ANDIKAPustaka.pdf] Text
8. Daftar ANDIKAPustaka.pdf

Download (230kB)

Abstract

Penelitian ini berupaya untuk melihat bagaimana media, Detik.com dan Kompas.com memframe pemberitaan Kondisi Perekonomian Masyarakat Pasca Kenaikan Harga BBM. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan paradigma kontruktivis. Dengan analisis framing model Robert N Entman yaitu Define Problems, Diagnose Causes, Make Moral Judgement, dan Treatment Recommendation terkait pemberitaan Kondisi Perekonomian Masyarakat Pasca Kenaikan Harga BBM.

Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa`pemberitaan Detik.com yang menunjukan keberpihakan pada kondisi masyarakat yang merasakan dampak dari kenaikan harga BBM tersebut, dilihat dari pemilihan kata pada penulisan judul berita maupun pada isiberita itu sendiri. Sedangkan pemberitaan Kompas.com yang mengkontruksi judul berita terlihat netral namun terlihat lebih kritis dalam penulisan isi beritanya. Di lihat dari penggunaan isi berita banyak masyarakat yang tidak setuju atas kebijakan yang di buat oleh pemerintah karena kebijakan ini sangat berdampak negatif terhadap perekonomian masyarakat. Peneliti menyimpulkan bahwa Detik.com cenderung lebih sangat terbuka dalam menampilkan pemberitaan terkait dengan pemberitaan dampak kenaikan BBM terhadap kondisi ekonomi masyarakat. Hal itu terlihat dari judul dan isi berita yang menggunakan bahasa yang tegas dan terang-terangan. Di sisi lain, pemberitaan yang diterbitkan oleh Kompas.com cenderung lebih kritis dalam membuat narasi berita. Setiap pemberitaannya dibawakan secara detail untuk memberikan pemahaman bagi masyarakat terkait dampak kenaikan BBM terhadap kondisi ekonomi masyarakat.

Kata Kunci :Media Online, Framing Robert Entman, Kenaikan BBM

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Universitas Baturaja > Jurnal > FISIP > Ilmu Komunikasi
UBR > Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Yudith Unbara
Date Deposited: 12 Jun 2023 06:39
Last Modified: 12 Jun 2023 06:39
URI: http://repository.unbara.ac.id/id/eprint/1475

Actions (login required)

View Item
View Item