ANALISIS WACANA KRITIS OPINI DALAM SRIPOKU.COM PERIODE MARET 2023

Ecilia, Faulani and Darningwati, Darningwati, M.Pd. and Awalludin, Awalludin, M.Pd. (2023) ANALISIS WACANA KRITIS OPINI DALAM SRIPOKU.COM PERIODE MARET 2023. Other thesis, Universitas Baturaja.

[thumbnail of COVER ECI.pdf] Text
COVER ECI.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of ABSRAK ECI.pdf] Text
ABSRAK ECI.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1 SKRIPSI ECI.pdf] Text
BAB 1 SKRIPSI ECI.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 2 SKRIPSI ECI.pdf] Text
BAB 2 SKRIPSI ECI.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 3 SKRIPSI ECI.pdf] Text
BAB 3 SKRIPSI ECI.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 4 SKRIPSI ECI.pdf] Text
BAB 4 SKRIPSI ECI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 5 SKRIPSI ECI.pdf] Text
BAB 5 SKRIPSI ECI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA ECI.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA ECI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Wacana opini merupakan tulisan yang berisi pandangan atau pendapat seseorang terhadap suatu hal terutama isu yang merebak di masyarakat. Bahasa yang digunakan oleh pengarang untuk menyampaikan informasi tersebut, mempunyai
pengaruh berupa efek kognitif,afektif,dan konatif/behavioral bagi para pembaca. Dari wacana opini tersebut, penulis ingin menganalisis perubahan sikap, perasaan, dan perilaku yang dapat ditimbulkan oleh pesan dalam bahasa pengarang sesuai dengan teori Chaffe. Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis wacana kritis opini dalam SRIPOKU.COM periode Maret 2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah teknik analisis isi. Berdasarkan hasil penelitian pada opini dalam SRIPOKU.COM periode Maret2023 terdapat tiga dimensi efek
komunikasi massa, yaitu kognitif, efektif,dankonatif/behavioral. Hasil penelitian dari tujuh opini dalam SRIPOKU.COM periode Maret 2023, ditemukan 3 bentuk efek komunikasi massa yang terdiri dari 19 efek kognitif,11 efek afektif,dan 7 efek konatif/behavioral. Bentuk-bentuk efek komunikasi massa yang paling banyak ditemukan adalah efekk ognitif yang meliputi peningkatan pemahaman,belajar dan tambahan pengetahuan manusia.

Kata-katakunci:analisis,wacanakritis,opini,SRIPOKU.COM

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Universitas Baturaja > Jurnal > FKIP > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
UBR > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Yudith Unbara
Date Deposited: 21 Oct 2023 06:10
Last Modified: 21 Oct 2023 06:10
URI: http://repository.unbara.ac.id/id/eprint/1667

Actions (login required)

View Item
View Item