Elvina, Elvina and Darningwati, Darningwati, M.Pd. and Samsul, Anam, S.S., M.A. (2023) ANALISIS NILAI EDUKASI DALAM FILM KU KIRA KAU RUMAH KARYA UMAY SHAHAB DAN RELEVANSINYA TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. Other thesis, Universitas Baturaja.
COVER SKRIPSI ELVINA.pdf
Download (463kB)
ABSTRAK ELVINA(1).pdf
Download (148kB)
BAB I ELVINA.pdf
Download (157kB)
BAB II ELVINA.pdf
Download (304kB)
BAB III ELVINA.pdf
Download (152kB)
BAB IV ELVINA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (783kB)
BAB V ELVINA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (86kB)
DAFTAR PUSTAKA ELVINA.pdf
Download (213kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tokoh dan penokohan, nilai edukasi apa saja yang terdapat dalam film Ku Kira Kau Rumah dan relevansinya dalam pembelajaran sastra di SMA. Metode yang diigunakan dalam penelitian ini ialah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah teknik dokumentasi, berfungsi untuk mengetahui nilai edukasi dengan objek karya sastra (film) yang berjudul Ku Kira Kau Rumah Karya Umay Shahab. Berdasarkan hasil penelitian ini, tokoh dan penokohan yang terdapat dalam film Ku Kira Kau Rumah yaitu Niskala yang memiliki karakter pemarah dan periang, Pram memiliki karakter pantang menyerah dan penyayang, Mama memiliki karakter penyayang, Papa memiliki karakter yang tegas, Dinda memiliki watak yang penyayang, dan Oktavianus memiliki watak yang sembrono. Selain tokoh dan penokohan, peneliti juga menemukan bahwa dalam film Ku Kira Kau Rumah memiliki nilai edukasi yang meliputi, nilai edukasi moral yaitu keberanian, meminta maaf, nilai edukasi ketangguhan, nilai edukasi kepedulian, nilai edukasi kejujuran. Nilai edukasi terdapat 10 data yaitu nilai moral yang meliputi: nilai moral keberanian terdapat 2 data, nilai moral meminta maaf terdapat 2 data, nilai ketangguhan terdapat 2 data, nilai kepedulian terdapat 3 data, dan nilai kejujuran terdapat 1 data. Hasil dari penelitian juga dapat direlevansikan dalam pembelajaran sastra di SMA pada mata pelajaran Bahasa Indonesia sesuai dengan konsep Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dalam kurikulum 2013 yang pelaksanaannya dapat memuat model pembelajaran Saintific yaitu, mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar, dan mengomunikasikan. Dalam hal ini, Kompetensi Dasar (KD) pembelajaran sastra di SMA, yaitu memahami, membandingkan, menganalisis, mengidentifikasi, dan mengevaluasi teks film/drama baik lisan maupun tulisan.
Kata Kunci :Tokoh Penokohan, Nilai Edukasi, Pembelajaran Sastra
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Universitas Baturaja > Jurnal > FKIP > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UBR > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Yudith Unbara |
Date Deposited: | 24 Oct 2023 05:47 |
Last Modified: | 24 Oct 2023 05:47 |
URI: | http://repository.unbara.ac.id/id/eprint/1675 |