Iin, Istiyana and Darningwati, Darningwati, M.Pd. and M. Doni, Sanjaya, M.Pd. (2021) ANALISIS KETIDAKADILAN GENDER DALAM NOVEL TERJEMAHAN KIM JI YEONG LAHIR TAHUN 1982 KARYA CHO NAM-JOO DAN RELEVANSINYA TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. Other thesis, Universitas Baturaja.
cover.pdf
Download (2MB)
abstrak.pdf
Download (475kB)
Bab 1.pdf
Download (604kB)
Bab 2.pdf
Download (730kB)
Bab 3.pdf
Download (604kB)
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (863kB)
Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (506kB)
daftar pustaka.pdf
Download (611kB)
Abstract
Iin Istiyana. 2021. Analisis Ketidakadilan Gender dalam Novel Terjemahan Kim Ji-yeong Lahir Tahun 1982 Karya Cho Nam-joo dan Relevansinya Terhadap Pembelajaran Sastra di SMA. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Baturaja. Pembimbing I Darningwati, M. Pd., Pembimbing II M. Doni Sanjaya, M. Pd.
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan struktur pembangun novel terjemahan Kim Ji-yeong Lahir Tahun 1982 karya Cho Nam-joo, bentuk ketidakadilan gender yang ditemukan dalam novel terjemahan Kim Ji-yeong Lahir Tahun 1982 karya Cho Nam-joo, dan relevansi bentuk ketidakadilan gender yang ditemukan dalam novel terjemahan Kim Ji-yeong Lahir Tahun 1982 karya Cho Nam-joo terhadap pembelajaran sastra di SMA. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan struktural dan kritik sastra feminis teori feminis sosialis. Metode penelitian menggunkan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan studi pustaka dan dokumentasi. Teknik analisis data teknik analisis isi. Penelitian ini menunjukan struktur pembangun novel berupa alur, tokoh dan penokohan, latar, dan tema. Ditemukan juga bentuk ketidakadian gender berupa marginalisasi, subordinasi, stereotipe, beban kerja, dan kekerasan yang disebabkan budaya patriarki masyarakat Korea Selatan. hasil analisis mengenai bentuk ketidakadilan gender memiliki relevansi terhadap pembelajaran sastra di SMA. Nilai yang terkandang dapat dijadikan acuan masyarakat guna memberikan persamaan hak antara perempuan dan laki-laki.
Kata-Kata Kunci: Gender, Feminis, Patriarki, Struktural, Pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Universitas Baturaja > Jurnal > FKIP > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UBR > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Yudith Unbara |
Date Deposited: | 08 Oct 2021 03:58 |
Last Modified: | 02 Nov 2021 06:25 |
URI: | http://repository.unbara.ac.id/id/eprint/169 |