ANALISIS KONFLIK BATIN TOKOH DALAM NOVEL TITIAN TAKDIR MUSTAFA-LAILA KARYA WAHYU SUJANI DAN RELEVANSINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA.

Refita, Mutia and Darningwati, Darningwati, M.Pd. and Samsul, Anam, S.S., M.A. (2021) ANALISIS KONFLIK BATIN TOKOH DALAM NOVEL TITIAN TAKDIR MUSTAFA-LAILA KARYA WAHYU SUJANI DAN RELEVANSINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. Other thesis, Universitas Baturaja.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (297kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (148kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (165kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (323kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (165kB)
[thumbnail of BAB  IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (416kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (217kB)

Abstract

Refita Mutia. 2021. “Analisis Konflik Batin Tokoh dalam Novel Titian Takdir Mustafa-Laila Karya Wahyu Sujani dan Relevansinya dalam Pembelajaran Sastra di SMA”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Baturaja. Darningwati, M.Pd, Pembimbing II: Samsul Anam, S.S., M.A.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tokoh dan penokohan dalam novel Titian Takdir Mustafa-Laila karya Wahyu Sujani, konflik batin tokoh dalam novel Titian Takdir Mustafa-Laila karya Wahyu Sujani, dan relevansi konflik batin tokoh dalam novel Titian Takdir Mustafa-Laila karya Wahyu Sujani dalam pembelajaran sastra di SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan psikologi sastra. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik
pengumpulan data menggunakan teknik studi kepustakaan. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis isi. Hasil penelitian menemukan tiga belas konflik batin. Mustafa mengalami lima konflik batin, yaitu rasa bersalah, takut, frustasi, cemas, dan tidak mampu. Laila mengalami dua konflik batin yaitu marah dan depresi. Selanjutnya Maemunah mengalami depresi, Komar mengalami sakit hati, Nyonya Aisya mengalami rasa tidak puas, Sueb mengalami sakit hati, Putri
mengalami rasa bersalah, dan Wanda mengalami obsesi. Hasil penelitian memiliki relevansi dalam pembelajaran sastra di SMA. Konflik batin yang ditemukan bisa menjadi gambaran bagi pembaca agar dapat memilih keputusan yang tepat ketika dihadapkan dengan kebimbangan dan pertentangan yang dialami oleh dirinya sendiri.

Kata-kata kunci: analisis, konflik batin, relevansi, pembelajaran sastra.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Universitas Baturaja > Jurnal > FKIP > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
UBR > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Yudith Unbara
Date Deposited: 08 Oct 2021 04:39
Last Modified: 08 Oct 2021 04:43
URI: http://repository.unbara.ac.id/id/eprint/174

Actions (login required)

View Item
View Item