Sega, Yuliyanti and Dr. Bambang, Sulistyo, M.Pd. and Samsul, Anam, S.S., M.A. (2021) ANALISIS PSIKOLOGI TOKOH UTAMA DALAM FILM I LOVE YOU (ILY)FROM 38.000 FT KARYA TISSA SERTA RELEVANSINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. Other thesis, Universitas Baturaja.
COVER.pdf
Download (399kB)
ABSTRAK.pdf
Download (149kB)
BAB I.pdf
Download (159kB)
BAB II.pdf
Download (277kB)
BAB III.pdf
Download (163kB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (253kB)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (86kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (158kB)
Abstract
Sega Yuliyanti. 2021. “Analisis Psikologi Tokoh Utama Dalam Film I Love You,(ILY) From 38.000 Ft Karya Tissa Serta Relevansinya Dalam Pembelajaran Sastra di SMA”.Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Baturaja. Pembimbing I: Dr. Bambang Sulistyo, M.Pd, Pembimbing II: Samsul Anam, S.S., M.A.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Psikologi tokoh Utama dalam Film I Love You (ILY) From 38.000 Ft Karya Tissa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik simak, catat, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis isi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data tertulis berupa kata-kata atau kalimat yang berhubungandengan Psikologi pada tokoh utama dalam Film I Love You (ILY) From 38.000 Ft Karya Tissa dan sumber data yang digunakan adalah Film I Love You (ILY) From 38.000 Ft Karya Tissa selama 1 jam 42 menit dan diproduksi oleh perusahaan Screenplay Films Legacy Pictures pada tahun 2016 di Jakarta. Hasil penelitian tentang Analisis Psikologi Tokoh Utama dalam Film I Love You (ILY) From 38.000 Ft Karya Tissa dan Relevansinya dalam Pembelajaran Sastra di SMA, ditemukan tiga wujud Psikologi (rasa bersalah, cemas, depresi) yang dialami oleh dua tokoh utama yaitu Aletta dan Arga. Psikologi tokoh utama tersebut dapat direlevansikan dalam pembelajaran sastra di SMA karena memenuhi ketiga aspek pemilihan bahan ajar yaitu dari aspek bahasa, aspek psikologi, dan aspek latar belakang budaya dan dapat disesuaikan dengan silabus mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan Kompetensi Dasar 3.9 Menganalisis Isi dan Kebahasaan Novel.
Kata kunci: Analisis, psikologi, relevansi, pembelajaran sastra.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Universitas Baturaja > Jurnal > FKIP > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UBR > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Yudith Unbara |
Date Deposited: | 11 Oct 2021 03:40 |
Last Modified: | 11 Oct 2021 03:40 |
URI: | http://repository.unbara.ac.id/id/eprint/183 |