EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROYEK UNJUK TUTUR TERHADAP KEMAMPUAN SISWA KELAS VII SMPN O1 SIMPANG OKU SELATAN DALAM MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI

Amirul, Amin and Dr. Bambang, Sulistyo, M.Pd. and Samsul, Anam, S.S., M.A. (2021) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROYEK UNJUK TUTUR TERHADAP KEMAMPUAN SISWA KELAS VII SMPN O1 SIMPANG OKU SELATAN DALAM MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI. Other thesis, Universitas Baturaja.

[thumbnail of 01 COVER.pdf] Text
01 COVER.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 02 ABSTRAK.pdf] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (80kB)
[thumbnail of 03 BAB_I.pdf] Text
03 BAB_I.pdf

Download (104kB)
[thumbnail of 04 BAB_II.pdf] Text
04 BAB_II.pdf

Download (168kB)
[thumbnail of 05 BAB_III.pdf] Text
05 BAB_III.pdf

Download (193kB)
[thumbnail of 06 BAB_IV.pdf] Text
06 BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (416kB)
[thumbnail of 07 BAB_V.pdf] Text
07 BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[thumbnail of 08 DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
08 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (142kB)

Abstract

Amirul Amin. 2021. “Efektivitas Model Pembelajaran Proyek Unjuk Tutur Terhadap Kemampuan Siswa Kelas VII SMPN 01 Simpang OKU Selatan Dalam Menulis Paragraf Deskripsi” Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Baturaja. Pembimbing I: Dr. Bambang Sulistyo, M.Pd., Pembimbing II: Samsul Anam, S.S., M.A.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektif atau tidak model pembelajaran Proyek Unjuk Tutur terhadap kemampuan siswa kelas VII SMPN 01 Simpang OKU Selatan dalam menulis paragraf deskripsi. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan rancangan one-group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 191 siswa dan sampel sebanyak 32 siswa, tetapi karena pembatasan sosial dari Pemerintah sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19, maka jumlah sampel hanya diizinkan 50%, yaitu sebanyak 16 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes menulis paragraf deskripsi dan teknik analisis data menggunakan uji “t”. Hasil analisis data tes awal (pretest) menunjukkan bahwa kemampuan siswa kelas VII SMPN 01 Simpang OKU Selatan dalam menulis paragraf deskripsi hanya mencapai nilai rata-rata 66,67. Sedangkan pada hasil analisis data pada tes akhir (posttest) menunjukkan bahwa kemampuan siswa kelas VII SMPN 01 Simpang OKU Selatan dalam menulis paragraf deskripsi mengalami perubahan dengan nilai rata- rata 78,13. Dari hasil pengujian tes “t” menunjukkan adanya perubahan skor rata- rata antara hasil tes awal (pretest) dan hasil tes akhir (posttest). Hal itu dapat diketahui dari pengujian tes “t” yang menunjukkan bahwa “t” hitung > “t” tabel atau 6,48 > 2,06 pada taraf signifikan 5%. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran Proyek Unjuk Tutur efektif digunakan dalam pembelajaran menulis paragraf deskripsi pada siswa kelas VII SMPN 01 Simpang OKU Selatan.

Kata kunci: efektivitas, proyek unjuk tutur, menulis, paragraf deskripsi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Universitas Baturaja > Jurnal > FKIP > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
UBR > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Yudith Unbara
Date Deposited: 12 Oct 2021 06:06
Last Modified: 12 Oct 2021 06:06
URI: http://repository.unbara.ac.id/id/eprint/185

Actions (login required)

View Item
View Item