Amirul, Amin and Dr. Bambang, Sulistyo, M.Pd. and Samsul, Anam, S.S., M.A. (2021) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROYEK UNJUK TUTUR TERHADAP KEMAMPUAN SISWA KELAS VII SMPN O1 SIMPANG OKU SELATAN DALAM MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI. Other thesis, Universitas Baturaja.
01 COVER.pdf
Download (1MB)
02 ABSTRAK.pdf
Download (80kB)
03 BAB_I.pdf
Download (104kB)
04 BAB_II.pdf
Download (168kB)
05 BAB_III.pdf
Download (193kB)
06 BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (416kB)
07 BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (89kB)
08 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (142kB)
Abstract
Amirul Amin. 2021. “Efektivitas Model Pembelajaran Proyek Unjuk Tutur Terhadap Kemampuan Siswa Kelas VII SMPN 01 Simpang OKU Selatan Dalam Menulis Paragraf Deskripsi” Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Baturaja. Pembimbing I: Dr. Bambang Sulistyo, M.Pd., Pembimbing II: Samsul Anam, S.S., M.A.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektif atau tidak model pembelajaran Proyek Unjuk Tutur terhadap kemampuan siswa kelas VII SMPN 01 Simpang OKU Selatan dalam menulis paragraf deskripsi. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan rancangan one-group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 191 siswa dan sampel sebanyak 32 siswa, tetapi karena pembatasan sosial dari Pemerintah sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19, maka jumlah sampel hanya diizinkan 50%, yaitu sebanyak 16 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes menulis paragraf deskripsi dan teknik analisis data menggunakan uji “t”. Hasil analisis data tes awal (pretest) menunjukkan bahwa kemampuan siswa kelas VII SMPN 01 Simpang OKU Selatan dalam menulis paragraf deskripsi hanya mencapai nilai rata-rata 66,67. Sedangkan pada hasil analisis data pada tes akhir (posttest) menunjukkan bahwa kemampuan siswa kelas VII SMPN 01 Simpang OKU Selatan dalam menulis paragraf deskripsi mengalami perubahan dengan nilai rata- rata 78,13. Dari hasil pengujian tes “t” menunjukkan adanya perubahan skor rata- rata antara hasil tes awal (pretest) dan hasil tes akhir (posttest). Hal itu dapat diketahui dari pengujian tes “t” yang menunjukkan bahwa “t” hitung > “t” tabel atau 6,48 > 2,06 pada taraf signifikan 5%. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran Proyek Unjuk Tutur efektif digunakan dalam pembelajaran menulis paragraf deskripsi pada siswa kelas VII SMPN 01 Simpang OKU Selatan.
Kata kunci: efektivitas, proyek unjuk tutur, menulis, paragraf deskripsi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Universitas Baturaja > Jurnal > FKIP > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UBR > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Yudith Unbara |
Date Deposited: | 12 Oct 2021 06:06 |
Last Modified: | 12 Oct 2021 06:06 |
URI: | http://repository.unbara.ac.id/id/eprint/185 |