Nahkowi, Nahkrowi and Eriyanti, Eriyanti, M.Pd. and Johan, Eka Wijaya, M.Pd. (2023) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL OLEH GURU DI UPT SMK NEGERI 1 MARTAPURA OKU TIMUR. Other thesis, Universitas Baturaja.
COVER_HALAMAN_ALL_Nahkrowi.pdf
Download (607kB)
ABSTRAK_Nahkrowi.pdf
Download (185kB)
BAB_I_Nahkrowi.pdf
Download (509kB)
BAB_II_Nahkrowi.pdf
Download (499kB)
BAB_III_Nahkrowi.pdf
Download (552kB)
BAB_IV_Nahkrowi.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (651kB)
BAB_V_Nahkrowi.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (306kB)
DAFTAR_PUSTAKA_Nahkrowi.pdf
Download (356kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran kontekstual oleh guru di UPT SMK Negeri 1 Martapura OKU Timur. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan pada semua guru. Teknik pengumpulan data adalah kuesioner. Teknik analisa data menggunakan analisa statistik. Hasil penelitian menunjukkan dalam aspek pembelajaran aktif telah dilakukan oleh guru UPT SMK Negeri 1 Martapura OKU Timur dengan sangat baik, dimana jumlah responden menjawab sangat selalu sebanyak 100%. Guru dalam melaksanakan kegiatan multi konteks, responden menjawab selalu sebanyak 89,89%. Aspek kooperasi atau diskursus, responden menjawab selalu sebanyak 97,30. Aspek berhubungan dengan dunia nyata, responden menjawab selalu sebanyak 77,94%. Aspek pengetahuan prasyarat/ awal, responden menjawab selalu sebanyak 94,30%. Aspek ragam nilai,
responden menjawab selalu sebanyak 94,85%. Aspek kontribusi pada masyarakat, responden menjawab selalu sebanyak 91,54%. Aspek penilaian otentik, responden menjawab selalu sebanyak 100%. Aspek pemecahan masalah, responden menjawab selalu sebanyak 91,54%. Aspek mengarahkan sendiri, responden menjawab selalu sebanyak 94,21%. Aspek memperhatikan masyarakat kelas aktif, responden menjawab selalu sebanyak 100%. Berdasarkan pengelolaan data yang penulis dapatkan maka dapat disimpulkan dalam implementasi pembelajaran kontekstual oleh guru di UPT SMK Negeri 1 Martapura OKU Timur telah dilaksanakan dengan sangat baik.
Kata Kunci: Guru, Implementasi, Kontekstual, Pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Universitas Baturaja > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan UBR > Teknologi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan Library of Congress Subject Areas > UBR > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Yudith Unbara |
Date Deposited: | 18 Jan 2024 13:46 |
Last Modified: | 18 Jan 2024 13:46 |
URI: | http://repository.unbara.ac.id/id/eprint/1882 |