IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL OLEH GURU DI UPT SMK NEGERI 1 MARTAPURA OKU TIMUR

Nahkowi, Nahkrowi and Eriyanti, Eriyanti, M.Pd. and Johan, Eka Wijaya, M.Pd. (2023) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL OLEH GURU DI UPT SMK NEGERI 1 MARTAPURA OKU TIMUR. Other thesis, Universitas Baturaja.

[thumbnail of COVER_HALAMAN_ALL_Nahkrowi.pdf] Text
COVER_HALAMAN_ALL_Nahkrowi.pdf

Download (607kB)
[thumbnail of ABSTRAK_Nahkrowi.pdf] Text
ABSTRAK_Nahkrowi.pdf

Download (185kB)
[thumbnail of BAB_I_Nahkrowi.pdf] Text
BAB_I_Nahkrowi.pdf

Download (509kB)
[thumbnail of BAB_II_Nahkrowi.pdf] Text
BAB_II_Nahkrowi.pdf

Download (499kB)
[thumbnail of BAB_III_Nahkrowi.pdf] Text
BAB_III_Nahkrowi.pdf

Download (552kB)
[thumbnail of BAB_IV_Nahkrowi.pdf] Text
BAB_IV_Nahkrowi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (651kB)
[thumbnail of BAB_V_Nahkrowi.pdf] Text
BAB_V_Nahkrowi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (306kB)
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA_Nahkrowi.pdf] Text
DAFTAR_PUSTAKA_Nahkrowi.pdf

Download (356kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran kontekstual oleh guru di UPT SMK Negeri 1 Martapura OKU Timur. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan pada semua guru. Teknik pengumpulan data adalah kuesioner. Teknik analisa data menggunakan analisa statistik. Hasil penelitian menunjukkan dalam aspek pembelajaran aktif telah dilakukan oleh guru UPT SMK Negeri 1 Martapura OKU Timur dengan sangat baik, dimana jumlah responden menjawab sangat selalu sebanyak 100%. Guru dalam melaksanakan kegiatan multi konteks, responden menjawab selalu sebanyak 89,89%. Aspek kooperasi atau diskursus, responden menjawab selalu sebanyak 97,30. Aspek berhubungan dengan dunia nyata, responden menjawab selalu sebanyak 77,94%. Aspek pengetahuan prasyarat/ awal, responden menjawab selalu sebanyak 94,30%. Aspek ragam nilai,
responden menjawab selalu sebanyak 94,85%. Aspek kontribusi pada masyarakat, responden menjawab selalu sebanyak 91,54%. Aspek penilaian otentik, responden menjawab selalu sebanyak 100%. Aspek pemecahan masalah, responden menjawab selalu sebanyak 91,54%. Aspek mengarahkan sendiri, responden menjawab selalu sebanyak 94,21%. Aspek memperhatikan masyarakat kelas aktif, responden menjawab selalu sebanyak 100%. Berdasarkan pengelolaan data yang penulis dapatkan maka dapat disimpulkan dalam implementasi pembelajaran kontekstual oleh guru di UPT SMK Negeri 1 Martapura OKU Timur telah dilaksanakan dengan sangat baik.

Kata Kunci: Guru, Implementasi, Kontekstual, Pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Universitas Baturaja > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan
UBR > Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Library of Congress Subject Areas > UBR > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Yudith Unbara
Date Deposited: 18 Jan 2024 13:46
Last Modified: 18 Jan 2024 13:46
URI: http://repository.unbara.ac.id/id/eprint/1882

Actions (login required)

View Item
View Item