Mila, Amalia and Dr. Heni Rita, Susila, M.Pd. and Ade, Vidianti, M.Pd. (2023) IMPLEMENTASI METODE BERMAIN PERAN DALAM MERDEKA BELAJAR OLEH GURU DI PAUD SE-KECAMATAN BATURAJA BARAT OKU. Other thesis, Universitas Baturaja.
Cover- daftar lampiran (Mila Amalia-1922028).pdf
Download (862kB)
Abstrak ( Mila Amalia-1922028 ).pdf
Download (255kB)
bab 1 (Mila Amalia-1922028).pdf
Download (360kB)
bab 2 (Mila Amalia-1922028).pdf
Download (507kB)
bab 3 (Mila Amalia-1922028).pdf
Download (454kB)
bab 4 (Mila Amalia -1922028.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (841kB)
bab 5 (Mila Amalia -1922028).pdf
Restricted to Repository staff only
Download (156kB)
Daftar Pustaka (Mila Amalia-1922028).pdf
Download (379kB)
Abstract
metode bermain peran dalam merdeka belajar oleh guru di PAUD Se-Kecamatan Baturaja Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru di PAUD SeKecamatan Baturaja Barat yang berjumlah 30 orang. Teknik Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan alat pengumpulan data berupa angket. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase. Berdasarkan hasil penelitian secara keseluruhan, implementasi metode bermain peran dalam merdeka belajar oleh guru di PAUD Se-Kecamatan Baturaja Barat untuk indikator tahap persiapan atau pemanasan diperoleh rata-rata persentase 82,00% dengan kategori baik, tahap memilih pemain diperoleh rata-rata persentase 77,5% dengan kategori baik, tahap menata panggung (ruang kelas) diperoleh rata-rata persentase 73,89% dengan kategori cukup, tahap menyiapkan pengamat diperoleh rata-rata persentase 78,75% dengan kategori baik, tahap memainkan peran diperoleh rata-rata persentase 77,08% dengan kategori baik, tahap diksusi dan evaluasi diperoleh rata-rata persentase 70,56% dengan kategori cukup, tahap bermain peran ulang diperoleh rata-rata persentase 71,67 dengan kategori cukup, tahap diskusi dan evaluasi ke-2 diperoleh rata rata persentase 71,67% dengan kategori cukup, tahap berbagi pengalaman dan kesimpulan diperoleh rata-rata persentase 76,67% dengan kategori baik. Hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa implementasi metode bermain peran dalam merdeka belajar oleh guru di PAUD Se-Kecamatan Baturaja Barat masuk pada kriteria cukup dengan persentase 75,53%.
Kata Kunci: implementasi, merdeka belajar, metode bermain peran, pendidikan anak usia dini
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Universitas Baturaja > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan UBR > Teknologi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan Library of Congress Subject Areas > UBR > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Yudith Unbara |
Date Deposited: | 19 Jan 2024 07:59 |
Last Modified: | 19 Jan 2024 07:59 |
URI: | http://repository.unbara.ac.id/id/eprint/1893 |