ANALISIS SEMIOTIKA UNSUR KOMEDI PADA IKLAN REJOICE RICH 3IN1 X KIKY SAPUTRI #RAMBUTNODRAMA

Herlina, Natalia and Yunizir, Djakfar, M.I.P. and Septianita, Septianita, S.P. , M.Si. (2023) ANALISIS SEMIOTIKA UNSUR KOMEDI PADA IKLAN REJOICE RICH 3IN1 X KIKY SAPUTRI #RAMBUTNODRAMA. Other thesis, Universitas Baturaja.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (64kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (85kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (174kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (74kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (588kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (147kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul analisis unsur komedi pada iklan Rejoice Rich 3in1 X Kiky Saputri #RambutNoDrama yang di latar belakangi dengan unsur komedi di dalam iklannya. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana analisis unsur komedi pada iklan “Rejoice Rich 3in1 X Kiky Saputri #RambutNoDrama. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis unsur komedi pada iklan “Rejoice Rich 3in1 X Kiky Saputri #RambutNoDrama“.Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian deskriftif kualitatif.Subjek penelitian ini adalah frame yang mengandung unsur komedi dalam iklan shampoRejoice Rich 3in1 X Kiky Saputri #RambutNoDrama. Pada pembahasannya menggunakan teknik analisis semiotika Charles Sanders Peirce.Dalam penelitian ini teori yang digunakan Teori Semiotika Charles Sanders Peirce yang fokus kajiannya mengenai tanda melalui Segitiga Makna (triangel meaning) yaitu sign, object, dan interpretant.Hasil dari penelitian ini menunjukan unsur komedi yang terdapat pada iklan Rejoice Rich 3in1 ini termasuk ke dalam komedi yang berupa sindiran atau satire. Terlihat pada beberapa adegan Kiky menggunakan gaya bahasa yang menyindir tetapi disampaikan dalam bentuk humor.Unsur komedi yang ditunjukan oleh Kiky saputri pada beberapa framedalam iklan ini bisa membuat iklan shampo Rejoice Rich 3in1 ini menjadi lebih menarik dan bahkan disukai oleh penonton. Iklan Rejoice Rich 3in1 menunjukan bahwa iklan ini berbeda dengan konsep yang ditampilkan dalam produk iklan shampo lainnya. Biasanya iklan shampo lainnya lebih menampilkan tentang rambut yang bagus untuk mempromosikan pruduknya. Sedangkan, konsep iklan Rejoice Rich 3in1 dengan tagline #RambutNoDrama yang dibawakan oleh Kiky Saputri dibalut dengan komedi, sehingga terlihat berbeda atas keunikan dan kreatifitasnya.

Kata Kunci:Iklan, Komedi, semiotika Charles Sanders Peirce

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Universitas Baturaja > Jurnal > FISIP > Ilmu Komunikasi
UBR > Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Yudith Unbara
Date Deposited: 23 Jul 2024 05:39
Last Modified: 23 Jul 2024 05:39
URI: http://repository.unbara.ac.id/id/eprint/2151

Actions (login required)

View Item
View Item