Bella, Shintia and Lasmiatun, Lasmiatun, M.Pd. and Ratih Utami, Ramadhaniati, M.Pd. (2024) IMPLEMENTASI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS VI SD N 53 OKU. Other thesis, Universitas Baturaja.
![[thumbnail of COVER.pdf]](http://repository.unbara.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
COVER.pdf
Download (494kB)
![[thumbnail of ABSTRAK.pdf]](http://repository.unbara.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ABSTRAK.pdf
Download (17kB)
![[thumbnail of BAB I.pdf]](http://repository.unbara.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf
Download (86kB)
![[thumbnail of BAB II.pdf]](http://repository.unbara.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf
Download (173kB)
![[thumbnail of BAB III.pdf]](http://repository.unbara.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf
Download (152kB)
![[thumbnail of BAB IV.pdf]](http://repository.unbara.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (278kB)
![[thumbnail of BAB V.pdf]](http://repository.unbara.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (21kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]](http://repository.unbara.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (91kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi program kampus mengajar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas VI SD N 53 OKU. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Metode yang digunakan yang gunakan adalah metode deskriptif dengan Teknik pengumpulan data berupa wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum adanya program, siswa memiliki kebiasaan membaca yang tidak seimbang, dengan 47,37% siswa yang sering membaca dan 52,63% siswa yang jarang membaca. Namun, setelah adanya program GELINAS dan ABM, siswa menunjukkan perubahan signifikan, dengan 100% siswa berpendapat bahwa mereka sering membaca dan kampus mengajar dapat meningkatkan kemampuan membaca para siswa. Bahkan, dua siswa yang pernah mengikuti program ABM telah mencapai hasil yang optimal, dengan nilai 84 dan 64 dari 100, menunjukkan bahwa program tersebut efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa. Dari hasil data tersebut dapat disumpulkan bahwa program GELINAS dan ABM memiliki dampak signifikan dalam meningkatkan kebiasaan membaca siswa. Dengan adanya program ini, siswa dapat meningkatkan kemampuan membaca mereka dan mencapai hasil yang optimal.
Kata-kata kunci: Bahasa Indonesia, Kampus Mengajar
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Universitas Baturaja > Jurnal > FKIP > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UBR > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Yudith Unbara |
Date Deposited: | 22 May 2025 06:38 |
Last Modified: | 22 May 2025 06:38 |
URI: | http://repository.unbara.ac.id/id/eprint/2374 |