EFEKTIVITAS MODEL TARI BAMBU DALAM PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR BERITA PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 32 OKU

Rahmania, Azzahra and Aryanti, Agustina, M.Pd. and Ratih Utami, Ramadhaniati, M.Pd. (2025) EFEKTIVITAS MODEL TARI BAMBU DALAM PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR BERITA PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 32 OKU. Other thesis, Universitas Baturaja.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (363kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (216kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (133kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (255kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (490kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (347kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (225kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran Tari Bambu terhadap kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 32 OKU mengidentifikasi unsur-unsur berita. Metode penelitian yang digunakan, yaitu metode eksperimen dengan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi dan sampel penelitian ini, yaitu kelas VII.A berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan instrumen berupa 7 soal esai pretest dan posttest. Lalu, teknik analisis data menggunakan t-test. Hasil belajar siswa kelas VII sebelum menggunakan model Tari Bambu dengan setelah menggunakan model Tari Bambu, memperlihatkan bahwa penggunaan model Tari Bambu lebih baik daripada sebelum menggunakan model Tari Bambu. Nilai ratarata siswa kelas VII sebelum menggunakan model Tari Bambu adalah 71, sedangkan nilai rata-rata siswa kelas VII setelah menggunakan model Tari Bambu adalah 86 di atas KKTP yang ditetapkan, yaitu 75. Berdasarkan perhitungan uji t, pada taraf signifikansi 5%, diperoleh t tabel 2,04. Karena thitung telah diperoleh sebesar 8,31, dalam hal ini menunjukkan thitung lebih kecil dibandingkan dengan t tabel (8,31 > 2,04). Terbukti bahwa Ha diterima dan Ho ditolak karena t hitung > t tabel. Dengan demikian bila harga t hitung lebih kecil atau sama dengan harga t tabel maka Ho diterima. Dengan demikian, hipotesis yang dikemukakan yaitu
“Model Tari Bambu efektif digunakan dalam pembelajaran mengidentifikasi
unsur-unsur berita pada siswa kelas VII SMP Negeri 32 OKU” terbukti
kebenarannya.

Kata kunci: Model Tari Bambu, Unsur Berita

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Universitas Baturaja > Jurnal > FKIP > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
UBR > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Yudith Unbara
Date Deposited: 16 Jul 2025 02:44
Last Modified: 16 Jul 2025 04:34
URI: http://repository.unbara.ac.id/id/eprint/2424

Actions (login required)

View Item
View Item