PENGGUNAAN BENTUK-BENTUK KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN OLEH GURU DI SMP NEGERI SE-KECAMATAN PULAU BERINGIN

Erdayana, Erdayana and Johan, Eka Wijaya, M.Pd. and Ade, Vidianti, M.Pd. (2025) PENGGUNAAN BENTUK-BENTUK KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN OLEH GURU DI SMP NEGERI SE-KECAMATAN PULAU BERINGIN. Other thesis, Universitas Baturaja.

[thumbnail of COVER ERDAYANA.pdf] Text
COVER ERDAYANA.pdf

Download (860kB)
[thumbnail of ABSTRAK ERDAYANA.pdf] Text
ABSTRAK ERDAYANA.pdf

Download (262kB)
[thumbnail of BAB I ERDAYANA.pdf] Text
BAB I ERDAYANA.pdf

Download (149kB)
[thumbnail of BAB II ERDAYANA.pdf] Text
BAB II ERDAYANA.pdf

Download (167kB)
[thumbnail of BAB III ERDAYANA.pdf] Text
BAB III ERDAYANA.pdf

Download (105kB)
[thumbnail of BAB IV ERDAYANA.pdf] Text
BAB IV ERDAYANA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (473kB)
[thumbnail of BAB V ERDAYANA.pdf] Text
BAB V ERDAYANA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA ERDAYANA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA ERDAYANA.pdf

Download (92kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan memberikan gambaran tentang penggunaan bentukbentuk komunikasi dalam pembelajaran oleh guru di SMP Negeri Se-Kecamatan Pulau Beringin. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode
deskriptif. Sampel dalam penelitian ini adalah guru SMP Negeri Se-Kecamatan Pulau Beringin yang berjumlah 90 orang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket dan teknik analisis dengan rumus persentase. Hasil penelitian mengenai penggunaan bentuk-bentuk komunikasi dalam pembelajaran
oleh guru di SMP Negeri Se-Kecamatan Pulau Beringin dapat diambil kesimpulan bahwa telah berjalan dengan baik dilihat dari beberapa indikator yaitu komunikasi verbal diperoleh total skor 84,88 dengan kategori baik meskipun ada bebrapa guru yang masih belum maksimal dalam menggunakan komunikasi verbal tertulis seperti pemberian bahan ajar atau catatan pelajaran. Hal ini menunjukkan bahwa komunikasi verbal cenderung masih bersifat satu arah dan dominan dalam bentuk
lisan. Padahal, bentuk tertulis sangat penting dalam mendukung daya ingat siswa dan kemandirian belajar. Untuk komunikasi nonverbal diperoleh total skor 87 dengan criteria baik sekali dimana guru cukup aktif menggunakan ekspresi wajah,gerak tubuh, intonasi suara, serta kontak mata saat mengajar, yang berperan besar dalam memperkuat pesan verbal, menciptakan suasana pembelajaran yang positif,dan menjaga perhatian siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bentuk-bentuk komunikasi dalam pembelajaran berjalan dengan baik dilakukan oleh guru di SMP Negeri Se-Kecamatan Pulau Beringin.

Kata kunci : Penggunaan, Komunikasi, Pembelajaran, Guru

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Universitas Baturaja > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan
UBR > Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Library of Congress Subject Areas > UBR > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Yudith UNBARA Firman Pratama PKL
Date Deposited: 22 Sep 2025 04:39
Last Modified: 07 Oct 2025 03:37
URI: http://repository.unbara.ac.id/id/eprint/2487

Actions (login required)

View Item
View Item