EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN INFORMATIKA KELAS VII DI SMP NEGERI 23 OKU

Mayang, Sari and Eriyanti, Eriyanti, M.Pd. and Anita, Adesti, M.Pd. (2025) EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN INFORMATIKA KELAS VII DI SMP NEGERI 23 OKU. Diploma thesis, Universitas Baturaja.

[thumbnail of 2122014_MAYANG SARI_MARGE COVER_ PENGESAHAN_KOMISI SKRIPSI_DAFTARI ISI.pdf] Text
2122014_MAYANG SARI_MARGE COVER_ PENGESAHAN_KOMISI SKRIPSI_DAFTARI ISI.pdf

Download (733kB)
[thumbnail of 2122014_MAYANG SARI_ABSTRAK.pdf] Text
2122014_MAYANG SARI_ABSTRAK.pdf

Download (65kB)
[thumbnail of 2122014_MAYANG SARI_BAB I.pdf] Text
2122014_MAYANG SARI_BAB I.pdf

Download (122kB)
[thumbnail of 2122014_MAYANG SARI_BAB II.pdf] Text
2122014_MAYANG SARI_BAB II.pdf

Download (298kB)
[thumbnail of 2122014_MAYANG SARI_BAB III.pdf] Text
2122014_MAYANG SARI_BAB III.pdf

Download (186kB)
[thumbnail of 2122014_MAYANG SARI_BAB IV.pdf] Text
2122014_MAYANG SARI_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (464kB)
[thumbnail of 2122014_MAYANG SARI_BAB V.pdf] Text
2122014_MAYANG SARI_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[thumbnail of 2122014_MAYANG SARI_DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
2122014_MAYANG SARI_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (144kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Informatika Kelas VII di SMP Negeri 23 OKU. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain yang digunakan adalah True Eksperimental Design. Populasi penelitian berjumlah 151 orang. sampel kelas eksperimen berjumlah 31 siswa dan sampel kelas kontrol berjumlah 30 siswa.Teknik dan alat pengumpulan data menggunakan tes berupa soal pilihan ganda. Teknik analisis dengan menggunakan uji "t". Hasil uji prasyarat didapat data berdistribusi normal untuk data kelompok eksperimen 0,0411 < 0,159 dan data kelompok kontrol diperoleh 0,0254 < 0,161. Pada data nilai chi-kuadrat diperoleh
3,7761 < 3,841 hal ini menunjukkan data Homogen. Hasil perhitungan dan analisis data dari hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa 3,351 > 1,671 dengan demikian (Ha) diterima dan (Ho) ditolak, yaitu ada efektivitas positif yang signifikan pada penggunaan teori belajar bermakna pada kelas VII siswa dalam pembelajaran Informatika di SMP Negeri 23 OKU.

Kata kata kunci: Algoritma dan Pemrograman, Animasi Game Sederhana.
Flipped Classroom, Hasil Belajar, Pembelajaran Informatika,

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Universitas Baturaja > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan
UBR > Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Library of Congress Subject Areas > UBR > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Yudith UNBARA Firman Pratama PKL
Date Deposited: 02 Oct 2025 03:18
Last Modified: 07 Oct 2025 04:11
URI: http://repository.unbara.ac.id/id/eprint/2496

Actions (login required)

View Item
View Item