EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TIPE TANDUR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DI SMP NEGERI 1 MADANG SUKU III OKU TIMUR

Dyah, Wulan Dari and Yamanto, Isa (2025) EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TIPE TANDUR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DI SMP NEGERI 1 MADANG SUKU III OKU TIMUR. Other thesis, Universitas Baturaja.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (684kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (233kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (167kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (339kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (595kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (774kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (385kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Model Pembelajaran Quantum Tipe TANDUR Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Seni Budaya di SMP Negeri 1 Madang Suku III OKU Timur. Jenis penelitian ini penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Teknik dan alat
pengumpulan data menggunakan tes berupa soal pilihan ganda, teknik analisis dengan menggunakan uji “t”. Hasil perhitungan memperoleh data berdistribusi normal untuk kelompok eksperimen sesudah menggunakan model pembelajaran quantum menunjukan bahwa Lhitung lebih kecil Ltabel atau 0,0296 < 0,173 dan untuk data siswa sebelum menggunakan model pembelajaran quantum di dapatkan bahwa Lhitung lebih kecil dari Ltabel atau 0,0230 < 0,173. Pada data nilai chi-kuadrat dalam tabel dk (2-1), didapat nilai 7,879 pada taraf signifikan 5%.Nilai chi-kuadrat hitung 11,384 dengan demikian nilai chi kuadrat hitung lebih besar dari chi kuadrat tabel atau 11,384 > 7,879. Hal ini menunjukan bahwa data yang diperoleh Homogen. Hasil perhitungan dan analisis data dari hasil pengujian hipotesis pada taraf signifikan 5% dengan df = 24 diperoleh harga “t” tabel yaitu 1,710. Hasil pengujian hipotesis yang menunjukan bahwa thitung > ttabel yang
dibuktikan dalam taraf 5% yaitu 9,438 > 1,710. Dengan demikian (Ha) hipotesis alternatif diterima, dan (Ho) hipotesis nihil ditolak yaitu ada efektivitas model
pembelajaran quantum. Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Kelas VIII di SMP Negeri 1 Madang Suku III OKU Timur.

Kata kunci: Efektivitas, Model Pembelajaran, Quantum Tipe TANDUR,
Hasil Belajar, Seni Budaya

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Universitas Baturaja > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan
UBR > Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Library of Congress Subject Areas > UBR > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Yudith UNBARA Firman Pratama PKL
Date Deposited: 02 Oct 2025 03:31
Last Modified: 07 Oct 2025 03:34
URI: http://repository.unbara.ac.id/id/eprint/2499

Actions (login required)

View Item
View Item