Sri, Rahayu and Arief, Qosim, M.Pd. and Edi, Sutiono, M.Pd. (2025) PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN PARTISIPATIF OLEH GURU DI SMP NEGERI SE-KECAMATAN BATURAJA TIMUR. Other thesis, Universitas Baturaja.
COVER_Sri Rahayu 2122010.pdf
Download (614kB)
ABSTRAK Sri Rahayu_2122010.pdf
Download (250kB)
BAB I SRI RAHAYU_2122010.pdf
Download (262kB)
BAB II SRI RAHAYU_2122010.pdf
Download (318kB)
BAB III SRI RAHAYU_2122010.pdf
Download (395kB)
BAB IV SRI RAHAYU.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (765kB)
BAB V SRI RAHAYU_2122010.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (148kB)
DAFTAR PUSTAKA SRI RAHAYU_2122010.pdf
Download (419kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan model pembelajaran partisipatif oleh guru di SMP Negeri Se-Kecamatan Baturaja Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh guru di SMP Se-Kecamatan Baturaja Timur yang berjumlah 224 orang dan sampel 73 orang. Teknik Pengumpulan data menggunakan kuensioner dan alat pengumpulan data berupa angket. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase. Berdasarkan hasil penelitian untuk tahap pembinaan keakraban diperoleh rata-rata persentase 86,76% dengan keterangan baik sekali. Tahap identifikasi kebutuhan, sumber, dan kemungkinan hambatan diperoleh rata-rata persentase 81,79% dengan keterangan baik. Pada tahap perumusan tujuan pembelajaran (kompetensi dasar) diperoleh rata-rata persentase 81,04% dengan keterangan baik. Tahap penyusunan program kegiatan pembelajaran diperoleh rata-rata persentase 83,22% dengan keterangan baik. Tahap pelaksanaan kegiatan pembelajaran diperoleh rata-rata persentase 79,64% dengan keterangan baik dan pada tahap penilaian proses, hasil, dan pengaruh kegiatan pembelajaran diperoleh rata-rata persentase 79,00% dengan keterangan baik. Hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan model pembelajaran partisipatif oleh guru di SMP Negeri Se-Kecamatan Baturaja Timur masuk pada keterangan baik dengan persentase 81,91%. Pendidik disarankan untuk mengikuti pelatihan pada tahap penilaian proses, hasil dan pengaruh
kegiatan pembelajaran.
Kata Kunci: Pelaksanaan, Model, Pembelajaran Partisipatif
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Universitas Baturaja > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan UBR > Teknologi Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan Library of Congress Subject Areas > UBR > Teknologi Pendidikan |
| Depositing User: | Yudith UNBARA Firman Pratama PKL |
| Date Deposited: | 06 Oct 2025 01:53 |
| Last Modified: | 07 Oct 2025 04:20 |
| URI: | http://repository.unbara.ac.id/id/eprint/2505 |
