Putra, Astaman and Ir.Lindawati, Lindawati and Ir.Ferry, Desromi, M.T. (2025) ANALISIS KINERJA LALU LINTAS SIMPANG TIGA TAK BERSINYAL PADA SIMPANG TIGA AIR PAOH KECAMATAN BATURAJA TIMUR KAB. OGAN KOMERING ULU. Other thesis, Universitas Baturaja.
COVER PUTRA ASTAMAN.pdf
Download (1MB)
ABSTRAK.pdf
Download (143kB)
BAB 1.pdf
Download (124kB)
BAB 2.pdf
Download (437kB)
BAB 3.pdf
Download (227kB)
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (166kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (142kB)
Abstract
Persimpangan, termasuk simpang tiga, adalah titik di mana dua atau lebih jalan bertemu dan terjadi pertemuan arus lalu lintas. Persimpangan merupakan titik kritis dalam sistem transportasi karena mempengaruhi kelancaran dan keamanan arus lalu lintas. Oleh karena itu, analisis kinerja lalu lintas pada persimpangan, termasuk simpang tiga tak bersinyal, menjadi sangat penting untuk memahami dinamika lalu lintas serta merancang solusi yang tepat untuk meningkatkan kinerja dan keselamatan lalu lintas.Simpang tiga Air Paoh merupakan salah satu persimpangan jalan yang mempunyai peranan penting dalam mendukung perkembangan sektor perdagangan, perkantoran, pendidikan, dan berbagai bidang jasa di Kabupaten OKU. Pada simpang ini sering terjadi konflik antar pengendara dengan adanya aktivitas perdagangan di sekitar persimpangan menjadikan persimpangan tersebut sering terjadi kemacetan yang tidak dapat dihindarkan, sehingga menghambat pergerakan pengendara melintasi jalan tersebut. Setelah melakukan analisa dan pengolahan data dari hasil survei di lapangan untuk mengetahui kinerja simpang tak bersinyal pada (Simpang Tiga Air Paoh) Kota Baturaja, maka didapatlah beberapa kesimpulan bahwa Kinerja Simpang dapat dilihat dari beberapa faktor yaitu :Kapasitas(C) atau Kapasitassebenarnya = 2596,65 smp/jam, Derajat Kejenuhan (DS) sebesar 0,95, Peluang antrian (QP%) = 36,208% - 71,467%, Derajat Kejenuhan didapat dari Arus Volume Total dibagi dengan Kapasitas Sebenarnya sehingga didapatlah nilai 0,95, Berdasarkan hasil dari Derajat Kejenuhan (DS) sebesar 0,95 > 0,75 batas normal yang tingkat pelayanan jalannya tergolong kedalam kelas E dimana volume arus lalu lintasnya mendekati/berada pada kapasitas arus yang tidak stabil dan terkadang berhenti, dapat dilihat pada tabel 2.6 tentang Karakteristik tingkat pelayanan jalan.
Kata Kunci: Kinerja Jalan, Persimpangan tak bersinyal, Derajat kejenuhan, lalulintas
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Universitas Baturaja > Jurnal > FTK > Teknik Sipil UBR > Teknik Sipil |
| Divisions: | Fakultas Teknik dan Komputer > Teknik Sipil |
| Depositing User: | Yudith UNBARA Firman Pratama PKL |
| Date Deposited: | 16 Oct 2025 05:55 |
| Last Modified: | 16 Oct 2025 05:55 |
| URI: | http://repository.unbara.ac.id/id/eprint/2510 |
