ANALISA KESELAMATAN DAN KEAMANAN TRANSPORTASI DI PERLINTASAN SEBIDANG REL DENGAN JALAN RAYA (Studi Kasus : Pada Ruas Jalan Komisaris Umar, Kota Baturaja).

Riki, Julius A.R. and Ferry, Desromi, M.T. and Enda Kartika, Sari, M.Si. (2021) ANALISA KESELAMATAN DAN KEAMANAN TRANSPORTASI DI PERLINTASAN SEBIDANG REL DENGAN JALAN RAYA (Studi Kasus : Pada Ruas Jalan Komisaris Umar, Kota Baturaja). Other thesis, Universitas Baturaja.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (729kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (9kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (163kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (285kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (654kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (151kB)

Abstract

RIKI JULIUS A.R (2021), Analisa Keselamatan Dan Kemanan Transportasi Di Perlintasan Sebidang Rel Dengan Jalan Raya (Studi Kasus : Pada Ruas Jalan Komisaris Umar, Kota Baturaja), dibawah bimbingan H. Ferry Desromi, M.T sebagai pembimbing I dan Enda Kartika Sari, M.Si sebagai pembimbing II.

Perkembangan sarana transportasi jalan raya sering sekali membentuk pertemuan dengan sarana transportasi jalan rel. Pada perlintasan kecelakaan antara kendaraan bermotor dan kereta api sering terjadi. Tujuan penelitian ini adalahmmengetahui perlengkapan perlintasan, tingkat keselamatan dan keamanan dari jumlah volume lalu lintas dan mengetahui jarak pandang yang aman bagi pengguna jalan dan masinis di perlintasan sebidang menurut pedoman teknis perlintasan sebidang antara jalan rel dengan jalan raya yang di keluarkan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Darat dengan apa yang ada di perlintasan sebidang Air Gading Jalan Komisaris Umar, Kota Baturaja. Perlengkapan perlintasan sebidang dapat ditinjau dari fasilitas perlintasan, geometri jalan, marka dan rambu. Dari hasil survey di lapangan volume lalu lintas harian rata-rata sebesar 628 kend/hari, sedangkan frekuensi kereta api yang melintas sebanyak 40 kereta api pada jam sibuk Pagi, Siang, Sore dan hasil perkalian antara LHR dengan frekuensi kereta api yang melintas sebesar 25.120 smpk. Menjadikan tingkat keselamatan dan keamanan perlintasan Air Gading termasuk kedalam perlintasan yang memenuhi standar perlintasan sebidang, walaupun tingginya volume harian rata lalu lintas dan frekuensi kereta yang melintas tidak melebihi standar Direktorat Jendral Perhubungan Darat. hasil perhitungan ini dapat dijadikan sebagai tanda untuk pengendara mengurangi kecepatannya dengan memasang rambu- rambu peringatan. Dimana jarak henti yang aman Bagi pengguna jalan raya terhadap persilangan dari jalur arah jalan Komisaris Umar maupun Jalan Dokter soetomo adalah sepanjang 140 meter pengguna bisa mengurangi kecepatannya karena kereta api telah berada pada jarak 151 meter dari persilangan kereta api.

Kata Kunci : Keselamatan, Rambu, LHR , Kereta Api , Jarak .Pndang

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Universitas Baturaja > Jurnal > FTK > Teknik Sipil
UBR > Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Teknik dan Komputer > Teknik Sipil
Depositing User: Yudith Unbara
Date Deposited: 25 Oct 2021 04:48
Last Modified: 25 Oct 2021 04:48
URI: http://repository.unbara.ac.id/id/eprint/264

Actions (login required)

View Item
View Item