STRAREGI PEMASARAN KEDAI KOPI (studi kasus) KEDAI KOPI SEMENANJUNG DI KECAMATAN BATURAJA TIMUR KABUPATEN OGAN KOMERING ULU

Welin, Oktapiani and Ema, Pusvita, M.Si. and Putri, Ayu Ogari, M.Sc. (2022) STRAREGI PEMASARAN KEDAI KOPI (studi kasus) KEDAI KOPI SEMENANJUNG DI KECAMATAN BATURAJA TIMUR KABUPATEN OGAN KOMERING ULU. Other thesis, Universitas Baturaja.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (430kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (85kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (167kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (180kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (168kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (293kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran kedai kopi semenanjung di Kecamatan Baturaja Timur Kabupaten Ogan Komering Ulu. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis SWOT. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berasal dari data primer dan data sekunder yang bersumber dari BPS kabupaten Ogan Komering Ulu serta sebaran Kuisioner. Hasil penelitian ini, Kecamatan Baturaja Timur Kabupaten Ogan Komering Ulu memiliki banyak UMKM salah satunya adalah Kedai Kopi Semenanjung.

Dari sisi Bauran Pemasaran 7P : Kedai kopi semenanjung dikenal dengan pelayanan maksimal. Menu-menu yang disajikan pada kedai kopi semenanjung harganya relatif terjangkau, tujuanya agar produk kedai semenanjung bisa dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat. Tidak hanya harga yang terjangkau, menu-menu yang ditawarkan pun bervariasi makanan hingga minumanya. Strategi pelayanan yang diterapkan oleh kedai kopi semenanjung yaitu pelanggan yang datang melakukan pemesanan di kasir dengan membayar dahulu pesanan makanan. Dengan melakukan startegi membayar dahulu sebelum menerima pesanan, kedai kopi semenanjung berharap strategi ini dapat diterima oleh pelanggan. Namun pada situasi tertentu terlebih ketika sedang ramai pengunjung, mengharuskan konsumen yang akan membeli harus mengantri.
Strategi Matrik SWOT dengan hasil :
a : S-O : menambah menu spesial di setiap harinya, mengadakan ivent atau potongan harga agar penjualan di kedai kopi semenanjung meningat, mempertahankan hasil produk kedai kopi semenanjung.
b: strategi W-O : memperluas ruangan dan menambah fasilitas seperti tumpat duduk, menambah tenaga kerja, mengikuti sosialisasi yang bertujuan untuk menambah pengetahuan agar jaringan distibusi luas, menambah alat seperti drip coffee maker yang mampu melayani pengunjung agar mereka tidak
menunggu lama.
c : strategi S-T : memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan dan menambah
produk yang menarik agar dapat bersaing dengan perusahaan sejenis dan mampu memenuhi protokol kesehatan.
d: strategi W-T : membuat konsep ruangan yang menarik dan nyaman untuk pengunjung. perusahaan sejenis dan mampu memenuhi protocol kesehatan.
e: strategi W-T : membuat konsep ruangan yang menarik dan nyaman untuk pengunjung.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Universitas Baturaja > Jurnal > FP > Agribisnis
UBR > Agribisnis
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Yudith Unbara
Date Deposited: 25 Jul 2022 06:08
Last Modified: 25 Jul 2022 06:08
URI: http://repository.unbara.ac.id/id/eprint/692

Actions (login required)

View Item
View Item