ANALISIS SEMIOTIKA BAHASA SARKASME PADA CHANNEL YOUTUBE NAJWA SHIHAB EDISI ADA BALIHO DI ANTARA KITA

Titin Aditiya, Putri and Dr. Hendra, Alfani, M.IKom. and Dian, Novitasari, M.IKom. (2022) ANALISIS SEMIOTIKA BAHASA SARKASME PADA CHANNEL YOUTUBE NAJWA SHIHAB EDISI ADA BALIHO DI ANTARA KITA. Other thesis, Universitas Baturaja.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (952kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (147kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (176kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (272kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (162kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (224kB)

Abstract

Menjelang Pilpres 2024 beberapa tokoh politik mulai menampilkan dirinya dengan memajang baliho diantaranya Ketua Partai Golkar Airlangga Hartanto, Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia - Perjuangan (PDI-P) Puan Maharani, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar yang menjadi perbincangan di ruang publik karena dikaitkan dengan kondisi pandemi Covid-19.

Salah satunya channel YouTube Najwa Shihab yang berisi konten kritikan dan sindiran terkait keberadaan baliho Pilpres 2024 di tengah pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan menganalisis bahasa sarkasme pada channel YouTube Najwa Shihab edisi ada baliho diantara kita. Sarkasme diartikan sebagai gaya bahasa yang mengandung unsur ejekan, olok-olok dan sindiran. Gaya bahasa sarkasme ini sering digunakan dalam umpatan, celaan, candaan perkataan kasar dan ajakan mempengaruhi pembaca atau pendengar agar berbuat serta mengikuti perkataan yang diucapkan.

Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma konstruktivisme. Metode penelitian yang digunakan adalah deskristif kualitatif dengan pendekatan analisis semiotika Charles Sanders Peirce. Dalam konsep Peirce melihat tanda (representament) sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari objek referensinya serta pemahaman subjek atas tanda (interpretant).

Hasil analisis semiotika Charles Sanders Peirce terhadap penggunaan gaya bahasa sarkasme pada channel YouTube Najwa Shihab edisi ada baliho di antara kita. Peneliti mendapati bahwa sebanyak 13 frame yang terbagi menjadi 4 kategori. Kategori sarkasme proposisi merupakan data yang paling banyak ditemukan, yaitu 7 frame. Kategori sarkasme leksikal menempati urutan selanjutnya, yaitu sebanyak 3 frame. Kemudian sarkasme prefix, yaitu sebanyak 2 frame. Serta yang paling sedikit di temukan adalah kategori sarkasme ilokusi, yaitu sebanyak 1 frame.

Kata Kunci: Bahasa Sarkasme, Baliho, Semiotika Peirce

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Universitas Baturaja > Jurnal > FISIP > Ilmu Komunikasi
UBR > Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Yudith Unbara
Date Deposited: 22 Aug 2022 05:14
Last Modified: 22 Aug 2022 05:14
URI: http://repository.unbara.ac.id/id/eprint/759

Actions (login required)

View Item
View Item