M. Septian, Herdinata and Yunizir, Djakfar, M.I.P. and Septiana, Wulandari, M.IKom. (2022) STRATEGI PUBLIC RELATIONS HOTEL THE ZURI BATURAJA UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG. Other thesis, Universitas Baturaja.
COVER.pdf
Download (525kB)
ABSTRAK.pdf
Download (89kB)
BAB I.pdf
Download (164kB)
BAB II.pdf
Download (267kB)
BAB III.pdf
Download (171kB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (250kB)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (85kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (219kB)
Abstract
Strategi adalah bagian terpadu dari suatu rencana, rencana merupakan produk dari suatu perencanaan yang pada akhirnya perencanaan adalah salah satu fungsi dasar manajemen. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana Strategi Public Relations Hotel The Zuri Baturaja Untuk Meningkatkan Jumlah Pengunjung. Dalam penelitian ini untuk mendukung berjalannya kegiatan penelitian menjadi lebih terarah dan fokus dalam mencapai target yang diinginkan, penulis dalam hal ini menggunakan teori Teori Perencanaan.
Perencanaan yang dilakukan public relation Hotel The Zuri Baturaja meliputi beberapa tahapan dalam penerapannya sehingga dapat mencapai sasaran yang dituju. Tahap tersebut yaitu analisa hal layak, penentuan tujuan, pemilihan media, rancangan pesan, dan evaluasi program.
Pada tahap analisa hal layak dalam perencanaan pemasaran, yang menjadi Segmen sasaran Hotel The Zuri adalah masyarakat dari kalangan atas, pengusaha, pejabat pemerintah yang berkunjung ke Kabupaten ogan Komering Ulu dan sekitarnya. Tujuan dari public Relations hotel The Zuri Baturaja adalah bagaimana memperoleh citra produk dimata pelanggan/konsumen, namun dalam pelaksanaannya, melakukan kerjasama (koordinasi) untuk mencapai keuntungan dan sekaligus memperoleh positioning yaitu citra produk. Penyusunan strategi pemilihan media atau saluran informasi yang digunakan oleh The Zuri Hotel Baturaja didasarkan pada pertimbangan luasnya jangkauan media sehingga dapat diterima oleh publik yang dijadikan sasaran, media yang digunaan. Media informasi yang digunakan adalah media digital seperti Website. Kerjasama dengan beberapa radio local seperti radio Sukses FM dan Baturaja Radio. Strategi Pemilihan Pesan Dalam menyusun pesan yang akan disampaikan ke publik sasaran menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dan dipahami oleh public. Bahasa yang digunakan adalah bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris karena tamu yang datang atau wisatawan yang datang adalah wisatawan mancanegara, seperti Inggris, Saudi Arabia, Kanada, Jepang, Australia dan lain sebagainya. Pemilihan bahasa ini dirumuskan terlebih dahulu sebelum dikomunikasikan kepada public. Evaluasi program yang dilakukan oleh Manager HRD The Zuri Hotel Baturaja adalah dengan cara menyediakan guest comment yang disediakan di meja recepsionist, dari hasil guest comment tersebut, pihak manajemen The Zuri Hotel Baturaja dapat mengetahui seberapa besar tingkat keberhasilan dari program dari para pengunjung atau wisatawan yang menginap di The Zuri Hotel Baturaja.
Kata Kunci: Strategi, Public Relations, Hotel, Pengunjung
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Universitas Baturaja > Jurnal > FISIP > Ilmu Komunikasi UBR > Ilmu Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Yudith Unbara |
Date Deposited: | 29 Oct 2022 05:41 |
Last Modified: | 29 Oct 2022 05:41 |
URI: | http://repository.unbara.ac.id/id/eprint/890 |