ANALISIS MAJAS KATA DAN MAJAS MAKNA PADA IKLAN MAKANAN DI TRANS TV

Rigga, Sabikah and Ratih Utami, Ramadhaniati, M.Pd. and Emilia, Contessa, M.Pd. (2022) ANALISIS MAJAS KATA DAN MAJAS MAKNA PADA IKLAN MAKANAN DI TRANS TV. Other thesis, Universitas Baturaja.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (585kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (85kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (229kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (161kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (579kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (142kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan majas kata yang terdapat pada iklan produk makanan di Trans TV (2) Mendeskripsikan majas makna yang terdapat pada iklan produk makanan di Trans TV. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik dokumentasi, teknik simak, dan teknik catat. Hasil penelitian mengungkapkan terdapat sepuluh jenis majas yang terkandung pada iklan makanan di Trans TV. Pada kategori majas kata terdapat enam jenis majas yang terkandung di dalam bahasa iklan yaitu: empat iklan mengandung majas repetisi, dua iklan mengandung majas aliterasi, dua iklan mengandung majas tautologi, satu iklan mengandung majas rhyme, satu iklan mengandung majas antanaklasis, dan satu iklan mengandung majas onomatopoeia. Pada kategori majas makna terdapat empat jenis majas yang terkandung di dalam bahasa iklan, yaitu: tiga iklan mengandung majas metonimia, empat iklan mengandung majas hiperbola, satu iklan mengandung majas hipalase, dan satu iklan mengandung majas prolepsis/antisipasi. Dari hasil penelitian terlihat majas yang paling banyak ditemukan adalah jenis majas hiperbola dan majas repetisi.

Kata-kata Kunci: Majas, Iklan, Trans TV

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Universitas Baturaja > Jurnal > FKIP > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
UBR > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Yudith Unbara
Date Deposited: 06 Dec 2022 06:32
Last Modified: 06 Dec 2022 06:32
URI: http://repository.unbara.ac.id/id/eprint/969

Actions (login required)

View Item
View Item